Rumah Rehab Program BSPS Kemen-PUPR Melalui Program DPR RI di Aceh Tepat Sasaran

Idi, SAB: Ketua Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) Provinsi Aceh, Chaidir Hasballah, SE dalam tanggapannya mengenai Rumah Rehab Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian PUPR yang di salurkan melalui program DPR RI ke Dapil II Aceh, dalam wilayah Aceh Timur Khususnya Gampong Seunebok Baroh Kecamatan Darul Aman Kabupaten Aceh Timur, itu telah di salurkan tepat sasaran dan sesuai dengan Rencana Anggaran.

Demikian ucap Chaidir Hasballah, SE diruang kerjanya Kantor Sekretariat BPI KPNPA RI Provinsi Aceh, jalan Jendral A.Yani Gampong Jawa Muka Kecamatan Langsa Kota Kota Langsa, Selasa 22-11-2022.

Ia juga mengatakan bahkan dalam pantauan kami pihak penerima ikut berswadaya sendiri dalam pembangunan rumahnya, serta juga disaport lebih dari Rencana Anggaran. Ungkap Chaidir.

Menyikapi beberapa pemberitaan media terkait Rumah Rehap Program BSPS tersebut, menyampaikan bahwa ada beberapa rumah dalam kecamatan Darul Aman yang kurang bagus kayunya yang disediakan oleh pihak Toko penyedia material, BPI KPNPA RI Provinsi Aceh langsung meninjau ke lokasi yang di maksud dan sudah melakukan crosscek kelapangan tepatnya di Kecamatan Darul Aman, dan sesuai dari kritikan dari beberapa LSM melalui Media masa ternyata material yang tidak sesuai telah di ganti, oleh pihak pengadaan dalam hal ini pihak penjual, dan pihak penyedia material telah menggantikan dengan kayu yang layak dan standar Program BSPS tersebut terangnya.

Dalam kegiatan Program BSPS Kementerian PUPR yang di salurkan melalui program DPR RI ke Dapil II Aceh, BPI KPNPA RI Provinsi Aceh, juga selalu memantau langsung kelapangan, sehingga pihak penerima bantuan dan pihak pelaksana dalam melaksanakan kegiatan program ini berjalan sesuai dengan apa yang telah di rencanakan, sehingga tidak ada yang saling di rugikan tutur Chaidir.

Lebih lanjut Chaidir mengatakan bahwa pihak pelaksana yang sering disapa Tuan Tanah telah menjelaskan bahwa sebagaimana yang telah kami lihat langsung pada beberapa rumah yang berada di Gampong Seuneubok Baroh kecamatan darul aman kabupaten Aceh timur ,antara penerima bantuan dan pelaksana dapat bekerja sama dengan baik.

Pihak penerima bantuan sendiri berswadaya langsung untuk membeli kebutuhan lain yang tidak terkafer oleh bantuan, maka konsep swadaya dapat terwujud dengan baik dalam pelaksanaan program tersebut, Ungkapnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Martini (36) warga Gampong seunbok baroeh kecamatan darul aman kabupaten Aceh timur, penerima manfaat rumah bantuan mengucapkan terima kasih yang sedalam dalamnya kepada pembawa amanah yaitu Ilham Pangestu atas bantuan rumah rehap kepadanya dan atas bantuan serta swadaya saya sendiri rumah yang dulunya tidak layak huni, kini sudah layak huni dan sehat,

Demikian juga yang diutarakan oleh
Halimah (50) Warga Gampong Seunebok Baro “Sebagai penerima bantuan” sangat berterima kasih atas bantuan rumah layak huni kepadanya, sehingga dia dapat tinggal dengan nyaman di rumahnya sekarang.

Hal senada juga diucapkan oleh Zulkifli (40) dan Nuriah Palan (60) keduanya merupakan warga Gampong Beunot, kecamatan Darul Aman, status fakir miskin yang mendapat bantuan rumah rehap program Bantuan Stimulan perumahan Swadaya (BSPS) melalui kementerian PUPR yang di Programkan DPR RI.

Zulkifli mengucapkan ribuan terima kasih kepada Ilham Pangestu yang telah menggagas program tersebut untuk masyarakat Aceh,

Dalam bincangnya dengan Media ini Chaidir Hasballah, SE juga menuturkan bahwa rumah Zulkifli dan Nurian Palan, sebelumnya merupakan gubuk kecil yang tidak laya huni dengan tidak memenuhi standar kesehatan, setelah bantuan rehab rumah turun kini mereka sudah dapat hunian yang layak huni dan sehat.

Lebih lanjut Chaidir Hasballah, SE mengatakan semoga dengan Program bantuan Ribuan Rumah Rehab kepada rakyat miskin Aceh, dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar Program BSPS itu sendiri, pungkasnya.
(Wiwin Hendra)

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250