Pemko Langsa Gelar Acara Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Ormas

Kota Langsa – SAB: Pemerintahan Kota Langsa melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Langsa, Jum’at (19/3) bertempat Aula Kolam Renang Vitra Convention Hall Jl. T.M Bahrum Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa untuk pertama kali menggelar acara Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Ormas dengan tema, “Meningkatkan Kemandirian Ormas Sebagai Mitra Pemerintah Kota Langsa”.

Sosialisasi tersebut di ikuti oleh 150 Ketua Ormas, OKP, dan LSM se Kota Langsa yang terdaftar di Kesbangpol Kota Langsa.

Kegiatan Sosialisasi yang dihadiri oleh 150 Peserta dari Unsur Pimpinan Okp,LSM dan Ormas ini di buka oleh Wali Kota Langsa yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Suriyatno SSTP.MAP dan juga dihadiri oleh Unsur Pimpinan DPRK Langsa Saifullah,SE

Pemateri menghadirkan Dekan Fakultas Hukum Universitas Samudra Langsa DR Fuadi SH MH dengan materinya berjudul “Pendirian dan Pembubaran Ormas”.

Dan juga sebagai Pemateri 2 adalah Musliyadi S.Pd I MM dari Kesbangpol Propinsi Aceh yang membidangi Ormas dengan judul tentang “Isu Strategi Ormas di Aceh”.

Acara sosialisasi ini disambut antusias oleh para peserta yang berhadir yaitu mereka yang tergabung dalam berbagai Ormas, OKP, dan LSM se Kota Langsa.

Dalam sambutannya Wakil Ketua DPRK Langsa Saifullah,SE mengharapkan kepada Pemerintah Kota Langsa agar ikut memberikan perhatian kepada Ormas, OKP, maupun LSM yang sudah terlegalisir atau terdaftar di Kesbangpol dan jadikanlah keberadaan mereka sebagai mitra dan beliau berharap selain diperhatikan juga melakukan pembinaan agar Ormas,LSM dan OKP yang berada di Kota Langsa bisa melakukan aktifitasnya sesuai yang diharapkan.

Menurutnya kehadiran Ormas,LSM dan OKP ini sudah diatur dalam Undang Undang Nomor 17 Tahun 2013.

Sementara itu untuk pembinaan Ormas,OKP,LSM Pemerintah Aceh sudah menggelontorkan dana bantuan sebesar Rp.9,4 M semoga kedepan harapan kita bersama semua bisa berjalan sesuai harapan bersama.

Ia menambahkan, pihaknya dari DPR akan terus berupaya memperjuangkan agar nanti pemerintah Kota Langsa dapat besinergi memberikan perhatian dan kepeduliannya terhadap Ormas-Ormas yang ada di Kota Langsa, sebut Saifullah menerangkan.

Saifullah juga menambahkan ada beberapa poin disini yang menjadi sorotan kami yaitu pertama di minta kepada Ormas,OKP dan LSM, agar kiranya jika pun mau mengkritik Pemerintah kritiklah dengan kritikan yang membangun tidak mengarah kepada satu person orang-orang tertentu,karena disebabkan hubungan yang tidak baik secara pribadi hal ini penting demi untuk kemajuan Kota Langsa yang kita cintai,

Yang kedua untuk menjadi perhatian kita semua janganlah merangkap jabatan di ormas ormas lainnya,cukup satu ormas,okp atau Lsm saja tapi berjalan demikian kata Pimpinan DPRK Langsa.

“Ormas,OKP dan LSM adalah Mitra dari Pemerintah mari kita saling bergandengan tangan untuk membangun Kota Langsa yang kita cintai ini”, seru Saifullah.

Ditempat yang sama Walikota Langsa dalam hal ini diwakilkan Asisten I Bidang Pemerintahan Pemko Langsa Suriyatno SSTP,MAP. secara resmi membuka acara tersebut.

Dalam sambutannya mengucapkan rasa kagum serta mengapresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan Kesbangpol Kota Langsa.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan yang pertama kali dan tidak pernah terjadi sebelumnya di Kota Langsa, dan ini sangat bagus untuk tercapainya kemajuan dan perkembangan Kota Langsa di segala sisi nantinya, ujarnya.

Lebih lanjut Suriyatno menjelaskan, hak dalam mengeluarkan pendapat dibolehkan kepada setiap warga negara, Ormas merupakan bagian penting bagi negara karena dengan kehadiran Ormas, LSM maupun OKP sebagai pengontrol dan bukan sebaliknya menjadi musuh pemerintah, hal ini bisa berimbas kepada kemajuan suatu tempat atau daerah. Dan untuk diketahui bahwa Ormas,OKP,LSM itu bahagian penting dalam penyelenggaraan Negara demikian ucapnya.

Dan beliau juga mengatakan untuk diketahui bersama per 31 Desember 2019 Mentri Dalam Negeri mencatat ada 430.000 (Empat Ratus Tiga Puluh Ribu) Organisasi Masyarakat yang terdaftar resmi di Indonesia, ini menunjukkan bahwa pilar pilar demokrasi di Indonesia itu berjalan.demikian ucapnya.

Sebagai penutup pada hari ini Jum’at 19 Maret 2021 pukul 10.00 Wib Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Ormas dengan tema” Meningkatkan Pendirian Ormas Sebagai Mitra Pemerinta Kota Langsa” saya buka demikian ucapnya.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Kota Langsa H.Agussalim SH MH didampingi Kasubbid Ormas Hendra dalam sambutan penutupan acara sosialisasi tersebut mengharapkan kepada semua Ormas, OKP, maupun LSM yang belum melakukan pendaftaran ulang dan melaporkan  keberadaannya, segera datang dan lapor ke Kesbangpol.

Menurutnya jika itu tidak dilakukan maka pemerintah tidak bisa memfasilitasi Ormas ,OKP,LSM yang tidak terdaftat dalam bentuk bantuan apapun dari pemerintah.

Disamping itu juga tidak wajib memenuhi atau mendatangi jika sewaktu-waktu ada undang dari Pemerintah ,Ormas, OKP, atau LSM dalam bentuk kegiatan apapun .

Oleh karena itu melalui sosialisasi yang terlaksana hari ini mari bersatu untuk mewujudkan kemajuan bangsa dan negara serta juga daerah khususnya Kota Langsa, ujarnya.

Hadir dari Kesbangpol pada acara tersebut Sri Verawati SH Kabid Sosbud Ormas, Hendra SE Kasubbid Ormas dan sejumlah pegawai lainnya, demikian .

Dalam pantauan jurnal ini kegiatan Sosialisasi Pembinaan dan Pengawasan Ormas se Kota Langsa telah mengikuti Protokol Kesehatan (PROKES) sesuai aturan yang berlaku.

Pewarta: Wiwin Hendra

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250