Babinsa 11/Birem Bayeun Peduli Kesehatan Lansia

  • Whatsapp

Birem Rayeuk, SAB::Babinsa 11/Brb koptu Miswanto melaksanakan kegiatan pendampingan Posyandu Lansia di Paya Peulawi Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur, Minggu 15-05-2022.

Kegiatan pos yandu ini langsung dilaksanakan oleh Bidan Desa Paya Peulawi Fitri , bertempat di Desa Paya Peulawi dan merupakan kegiatan rutin setiap satu bulan sekali, yang digelar oleh Puskesmas Paya Peulawi.

Saat dikonfirmasi koptu Miswanto mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memantau ataupun mengecek kesehatan Lansia berumur 45 tahun ke atas, sehingga lansia yang ada di Desa Paya Peulawi ini mempunyai tubuh yang sehat maupun kuat.

“Kegiatan yang dilaksanakan antara lain penyuluhan kesehatan dari Bidan Desa, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kolestrol, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan asam urat dan pembagian susu,” jelasnya.

Kegiatan Posyandu Lansia ini juga dipantau langsung oleh Kechik Desa Paya Peulawi zulkifli, ungkap Babinsa Koramil 11 Brb koptu Miswanto

Sementara itu Danramil 11/Brb Kodim 0104/Atim Kapten CZI Karsono, diruang kerjanya mengatakan Bintara Pembina Desa (BABINSA) dalam kegiatan di dalam wilayah binaannya harus berperan aktif dalam menjalankan salah satu tugas pokoknya sebagai Prajurit Teritorial, seperti memberikan pendampingan Posyandu lansia, merupakan bentuk kepedulian aparat teritorial terhadap kesehatan warga di wilayah binaanya.

Danramil juga mengatakan Posyandu lansia memiliki peran penting untuk menjaga kualitas hidup masyarakat yang berusia lanjut.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, unit pelayanan terkecil ini juga akan memfasilitasi berbagai kegiatan non-medis agar lansia memiliki wadah untuk berkarya dan berkegiatan, Pungkasnya.

Sementara itu Keuchik Desa Paya Peulawi Zulkifli mengatakan saat pelaksanaan Pos Yandu Lansia ini, Animo masyarakat sangat tinggi, dengan adanya pelayanan kesehatan hingga ke pelosok desa, melalui kegiatan Posyandu yang berkesinambungan dampaknya sangat di rasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, tuturnya.

“Posyandu ini sangat penting dilakukan, karena sangat bermanfaat bagi masyarkat terutama yang berada di wilayah pedesaan, sehingga masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan akan lebih cepat dan mudah di jangkau,” ujar Keuchik Paya Peulawi Zulkifli.

Zulkifli juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pos Yandu bagi Lansia didesanya, serta yang paling utama adalah para warga di berikan edukasi pentingnya penerapan Protokol Kesehatan secara baik dan benar, sesuai anjuran Pemerintah untuk menghindari penularan Covid 19, terutama para lansia yang sangat rentan terpapar. Imbuhnya.
Wiwin Hendra

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250