Serda Ramayanto Dampingi Petani Junaidi Lakukan Pengairan Lahan Sawah

  • Whatsapp

Manyak Payed, SAB: Babinsa Koramil 06/Manyak Payed Serda Ramayanto melaksanakan pendampingan Upsus Ketahanan Pangan di lokasi Poktan Baroena milik Bapak Junaidi mendampingi pengairan sawah di Desa Tualang Baro, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang. Minggu (08/05/2022).

Serda Ramayanto mengatakan, pengairan lahan sawah seluas 8 rante di lahan milik Junaidi menggunakan satu unit mesin diesel pompa air salah satu anggota Pok Tani Baroena.

Pengairan dengan pompa diesel ini dilakukan karena curah hujan mulai berkurang dan irigasi pertanian mulai menyusut. Sehingga, untuk mempercepat proses pengairan dilakukan dengan bantuan mesin pompa air, yang di mulai sejak pagi hingga malam hari,” katanya.

Lebih lanjut Ia menuturkan, pengairan merupakan salah satu kunci utama dalam budidaya tanaman padi, karena baik tidaknya produktivitas padi ini salah satunya tergantung faktor pengaturan dan pengelolaan air.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, sebaiknya pengairan lahan dilakukan secara berselang, artinya lahan harus dalam kondisi tergenang dan kering secara bergantian,” pungkasnya.
PENULIS: Pendim0117atam
Wartawan Wiwin Hendra

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250