Komsos dan Pembekalan Wawasan Kebangsaan untuk Meningkatkan Silaturahmi dan Keamanan

  • Whatsapp

Langsa, SAB: Dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan hubungan kerja yang baik di wilayah binaanya, Sertu Bambang Wahyudi Babinsa Koramil 02/Langsa melaksanakan Komsos dengan warga binaan di Gampong Blang Langsa, Selasa 08-02-1022.

Sertu Bambang Wahyudi mengungkapkan, jika kegiatan Komsos tersebut bertujuan meningkatkan keamanan dan silaturahmi dengan warga binaannya. Sekaligus untuk mengetahui kondisi dan perkembangan di masyarakat.

Menurutnya, melalui kegiatan Komsos akan terjalin silaturahmi yang baik dengan warga binaan lalu akan tercipta suasana yang nyaman dan sejuk, sehingga dapat memperlancar tugas keseharian sebagai Babinsa di wilayahnya.

Diakui, dengan Komsos pihaknya juga dapat mengetahui perkembangan situasi di wilayah desa binaan dan dapat melakukan upaya deteksi dini dan cegah dini, sehingga apabila ada hal-hal negatif yang berkembang bisa cepat diselesaikan.

“Apapun yang terjadi di wilayah binaan tentunya seorang Babinsa dapat mengetahuinya dan mengerti duduk persoalannya dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang berbeda Serka Hendra kurniawan
sedang melaksankan pengajaran wawasan kebangsaan kepada siswa SD Negeri 16 Alur beurawe untuk menanamkan rasa nasionalisme dan Jiwa Patriotisme sejak dini.

Serka Hendra kurniawan mengajarkan materi wawasan kebangsaan kepada siswa SD Negeri 16 Alur beurawe, Kecamatan Langsa Kota Pemerintahan Kota Langsa.

Kegiatan pembelajaran Wawasan Kebangsaan ini kami lakukan semata mata hanya memberi ilmu pengetahuan dan Wawasan yang berguna dan bermanfaat buat para siswa dikemudian hari.

Dalam keterangannya Danramil 02/Langsa Kodim 0104/Aceh Timur Kapten inf Sukamto, mengatakan sesuai perintah Komando atas Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Agus Al Fauzi, S.I.P., M.I.Pol. kegiatan Komsos terhadap Masyarakat diwilayah Hukum Teritorial Koramil 02/Langsa merupakan salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat lagi juga sebagai sarana silahturahmi kepada warga binaannya agar warga menjadi lebih dekat dan akrab dengan Babinsa.

Selain itu, dalam kegiatan Komsos juga akan menciptakan interaksi serta kekompakan antara Babinsa dan warga binaannya.
Inilah yang dilakukan oleh para Babinsa.

Danramil juga mengatakan dan pembelajaran tentang materi wawasan kebangsaan yang diberikan kepada murid SD ini bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme sejak dini.

“Pemberian materi wawasan kebangsaan ini dilakukan agar siswa dapat menjadi generasi penerus bangsa yang andal serta dapat membanggakan bagi orang tua, masyarakat, bangsa dan negara,” kata dia.

Kapten inf Sukamto, menjelaskan materi yang diajarkan dalam wawasan kebangsaan meliputi dasar Pancasila, kedisiplinan, kekompakkan atau kebersamaan, serta belajar kesantunan.

Kapten inf Sukamto, berharap materi ini bisa diaplikasikan oleh siswa SD dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di keluarga atau masyarakat.

“Pemberian pengetahuan wawasan kebangsaan ini diharapkan dapat dicerna, dipahami dan dilaksanakan dalam kehidupan siswa-siswi,” ujar dia.

Menurut Kapten inf Sukamto, pada fase usia dini, sangat penting mengajarkan nilai-nilai kebangsaan pada anak. Sehingga, anak-anak memiliki bekal wawasan yang cukup untuk mengarahkan mereka dalam meraih cita-cita. Pungkasnya.
Wartawan Wiwin Hendra

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250