Tradisi Unik Gampong Sidorejo Langsa Sambut Malam Nisfu Sya’ban. Potong Lembu untuk Dibagikan ke Warga

  • Whatsapp

Kota Langsa- SAB: Gampong Sidorejo adalah salah satu perkanpungan yang berada di wilayah Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa.

Hari ini Minggu 28-03-2021 Masyarakat Gampong Sidorejo disibukkan dengan kegiatan menyambut malam Nisfu Sya’ban yang jatuh pada hari ini 14 Nisfu Sya’ban 1442 H.

Geuchik Gampong Siderojo T. Salahuddin saat ditanya oleh media ini mengatakan kegiatan menyambut Nisfu Sya’ban memang sebagai kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali dan sudah menjadi kelender tetap di Gampong ini.

Kegiatan tahun ini bukan hanya sekedar menyambut datangnya malam Nisfu Sya’ban saja tetapi memang masuknya Nisfu Sya’ban bertepatan dengan hari jadinya Gampong Siderejo.

T. Salahuddin juga menambahkan bahwasannya hanya tahun ini saja kami tidak melakukan kegiatan kegiatan perlombaan untuk masyarakat dikarenakan keadaan yang tak memungkinkan, namun walupun demikian kami mengisi kegiatan ini hingga malam hari nantinya.

Salah satu kegiatan yang kami adakan selain melaksanakan Ibadah Shalat Magrib, kemudian dilanjutkan dengan, Shalat Taubat, Shalat Hajad membaca Yasin sebanyak tiga kali dan juga Shalat Isya lalu ditutup dengan Shalat Tasbih secara berjama’ah.

Hari ini kami manfaatkan sebagai ajang silaturahmi dengan sesama, kami makan bersama dengan memotong satu ekor lembu dan ada juga kambing untuk kami bagikan kesemua masyarakat Gampong ini demikian katanya.

Dalam pantauan media ini ajang menyambut malam Nisfu Sya’ban warga Gampong Siderejo memang mempunyai tradisi yang unik selain kegiatan beribadah di Mesjid Kubah yang berada di Gampong Sidorejo mereka memanfaatkan kegiatan satu hari penuh untuk kebersamaan dan merajut tali silaturahmi dikarenakan kesibukan kesibukan masing masing warga selama ini, dan momen ini benar benar mereka manfaatkan.

Salah satunya tradisi unik ini yakni membawa makanan ke tempat ibadah beserta lauk pauknya untuk dimakan bersama oleh seluruh masyarakat Gampong Sidorejo, semoga tradisi unik ini selalu mereka jaga dan lestarikan demi kebersamaan masyarakat Gampong Sidorejo Kota Langsa.

Pewarta : Wiwin Hendra

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250