Bupati Tamiang Resmikan Public Safety Center Covid-19

  • Whatsapp

Aceh Tamiang, SAB: Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn didampingi Wabub T. Insyafuddin, ST serta Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang Ibnu Azis, SKM  meresmikan Gedung PSC 119 (Public Safety Center) sebagai pusat informasi dan pelayanan Covid 19, bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Aceh Tamiang, Senin (1/2).

Selanjutnya  diresmikan pengoperasian ambulance PSC 119 (Pelayanan Ambulance Gawat Darurat), Ambulance Puskesmas Selele dan penggunaan GOR Tamiang sebagai sarana isolasi mandiri bagi korban  Covid-19.

Dalam kesemparan tersebut juga diadakan  khitan massal gratis bagi anak se-Kabupaten Aceh Tamiang.

Bupati Mursil bersama Wabup Insyafuddin secara simbolis menyerahkan hadiah sarung kepada salah satu anak yang di khitan, sembari meninjau pelaksanaan kegiatan Sunat Gratis tersebut.

Selanjutnya  Bupati didampingi Wabup meresmikan Gedung PSC 110 (Public Safety Center).

Dalam arahannya Bupati Mursil mengatakan bahwa Public Safety Center (PSC) 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan yang telah dibentuk sejak tahun 2016 bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat.

“Pada hari ini kita juga akan melaksanakan kegiatan sunat massal gratis bagi masyarakat Se-Kabupaten Aceh Tamiang. Adapun kegiatan Sunat (Khitan) Gratis bagi masyarakat ini, merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terhadap masyarakat, khususnya untuk warga kurang mampu di masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Bupati berharap dengan adanya fasilitas yang diresmikan pengoperasiannya hari ini maka kasus-kasus gawat darurat pra-rumah kakit dapat terlayani dengan baik, sehingga angka kematian dan kecacatan serta kasakitan dapat menurun.

Sebelum mengakhiri arahannya, Bupati Mursil juga menginformasikan bahwa Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tamiang juga memiliki nomor aduan dimana masyarakat dapat melaporkan segala permasalahan di nomor tersebut.

“Masyarakat Aceh Tamiang dapat menghubungi ke nomor 0823-6650-1000 pada Layanan PASTI,” jelasnya.

Sebelumnya dalam Laporan Kepala Dinas Kesehatan Tamiang  Ibnu Aziz, SKM, mengatakan kegiatan hari ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah dalam meningkatkan upaya pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan adanya Gedung PSC 119 ini, apabila di masyarakat terjadi kegawat daruratan seperti kecelakaan maupun masyarakat yang sakit parah berada di rumah ingin merujuk ke Rumah Sakit dan keadaan lainnya dapat menghubungi Call Center yang telah disediakan agar pihak kami dapat segera melakukan tindakan dengan cepat dan akurat,” terang Ibnu Aziz.

Terkait sunat massal, ia juga mengatakan jika ada masyarakat yang menginginkan Sunnat Massal bagi anak perempuan, silakan laporkan saja ke Datok Penghulu setempat maupun Camat dan pihak nya akan siap untuk memberikan sunat massal kepada anak laki-laki dan juga anak perempuan.

Acara dilanjutkan dengan Peusijuk Mobil Ambulance 119 oleh Bupati Aceh Tamiang, dan Peusijuk Mobil Ambulance untuk Puskesmas Selele oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang dan Dandim 0117/ Atam, selanjutnya Peresmian Gedung PSC 119 yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Aceh Tamiang.

Rangkaian acara terakhir yakni peninjauan Gedung dan ruang Isolasi Mandiri Penderita Covid-19. Tiba di lokasi tersebut tampak Kepala Dinas Kesehatan menjelaskan kepada Bupati Mursil serta rombongan terkait gedung tersebut.

Ibnu Aziz menjelaskan bahwa tempat tersebut dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, dengan jumlah tempat tidur sebanyak 55 buah dan tersedia beberapa kamar mandi dan lemari.

Dalam hal ini Bupati Mursil terlihat merasa puas dengan fasilitas yang telah disediakan. Ia juga melihat semua kamar yang ada di gedung tersebut.

“Gedung ini luar biasa, fasilitasnya lengkap dan bersih, dengan tersedianya tempat ini yang diperuntukkan kepada pasien covid-19, kami sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang siap melayani masyarakat Aceh Tamiang yang melakukan isolasi, dan Dinas Kesehatan juga sudah siap dan amat siap untuk segala kemungkinan yang terjadi,” terang Bupati bersemangat.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Segenap unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Tamiang, Para Anggota DPRK Aceh Tamiang, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati di Lingkungan Setdakab Aceh Tamiang, Para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua PMI Aceh Tamiang, Para Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Para Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Aceh Tamiang, Para Kepala UGD/Ketua PSC Puskesmas, Para Datok Penghulu Se-Kabupaten Aceh Tamiang dan Insan Pers.

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *