Yayasan Beudoh Gampong Laksanakan Refleksi Akhir Tahun

  • Whatsapp

Banda Aceh, SAB: Yayasan Beudoh Gampong (YBG), Jum’at (25/12/2020) melaksanakan rapat sekaligus diskusi dan refleksi akhir tahun 2020. Refleksi akhir tahun 2020 mendiskusikan berbagai kegiatan dan aktivitas yang telah, sedang dan akan dilakukan pada tahun depan.

Kegiatan Diskusi dan Refleksi akhir tahun dihadiri antara lain oleh Dewan Pembina YBG, Dr. Ir. Azwar Abubakar, MM yang mantan Pj. Gubernur Aceh dan Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Prof. Drs. Yusny Saby, PhD (Mantan Rektor IAIN Ar-Raniry), Prof. Dr. Eng. Ir. Teuku Abdullah Sanny (Ketua Umum YBG dan juga Guru Besar/Ahli Geologi dan Underground City dari ITB Bandung), Ir. TM Zulfikar, MP (Sekretaris Umum YBG), Dr. Salmawaty (Bendahara Umum YBG), serta beberapa unsur Pengurus dan Anggota YBG lainnya.

Dalam diskusi dan refleksi akhir tahun tersebut dibahas berbagai kegiatan seperti pelaksanaan webinar dengan berbagai isu seperti penanganan Covid-19, Ketahanan Pangan, Pendidikan, Pemberdayaan dan Pengembangan Potensi Gampong dan berbagai masukan yang telah diberikan kepada Pemerintah Aceh dan juga edukasi kepada masyarakat, baik melalui pertemuan online (daring) maupun yang secara langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Di samping itu juga dalam waktu dekat YBG akan kembali merancang berbagai agenda kegiatan untuk tahun 2021 nantinya.
Untuk tahun 2021 yang akan datang, YBG bersama-sama dengan Tim Kerja dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh berencana akan melakukan pendampingan pengembangan potensi desa di Gampong Nusa, Aceh Besar.

Lalu akan mencoba mendampingi beberapa Desa/Gampong lainnya yang saat ini masih dalam pemetaan seperti Gampong Piyeung di Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar. Lalu beberapa Gampong yang berada di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Utara, Aceh Barat, Pidie, serta Kota Langsa dan Banda Aceh. Dan semuanya masih dalam proses pemetaan dan perencanaan dengan tetap berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Aceh, melalui DPMG Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota setempat.

Hal lainnya yang juga dibicarakan adalah upaya penguatan kelembagaan dan administrasi melalui penguatan kapasitas pengurus, manajemen kesekretariatan, pendanaan dan juga keberlanjutan organisasi Yayasan Beudoh Gampong.

Dari berbagai agenda yang telah dilakukan tersebut diharapkan sedikit banyak telah membantu upaya Pemerintah dalam melakukan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat di Aceh. (*)

Pewarta: TM Zulfikar
Editor: Deni Irawan

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250