Pencanangan Gerakan Mandiri Pangan (Gampang) Aceh Tamiang

  • Whatsapp

Aceh Tamiang, SAB:  Gampang yang merupakan singkatan dari Gerakan Mandiri Pangan, merupakan program nasional yang didengungkan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian RI. Program ini sudah ada sejak beberapa waktu lalu, dengan maksud menggerakkan kaum hawa untuk memanfaatkan lahan perkarangan rumah menghasilkan pangan yang berkualitas.

Ikut berkontribusi dan mengkampanyekan program tersebut, Ibu TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia, ST, MM Selasa, (08/12/2020) sekira pukul 10.15 Wib, bertempat Halaman Kantor TP- PKK Kabupaten menyelenggarakan acara Pencanangan Gerakan Mandiri Pangan (Gampang).

Kegiatan Pencanangan tersebut secara resmi dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Ir. Adi Dharma mewakili Bupati Aceh Tamiang. Membacakan sambutan Bupati Mursil, Adi Dharma menyampaikan Pencanangan Gerakan Mandiri Pangan (Gampang) ini, merupakan hal yang harus dipenuhi dan dicapai semaksimal mungkin. Terlebih, sebutnya Pandemi Covid-19 yang telah dialami, membuat sebahagian wilayah Indonesia diprediksi akan mengalami krisis pangan.

Sehingga menurutnya, Program ini dirasa sangat tepat membantu masyarakat dalam mengatasi krisis pangan dengan memberdayakan pemanfaatan lahan perkarangan rumah menjadi lahan pangan yang bisa mencukupi kebutuhan dan kecukupan gizi keluarga.

“Kemandirian Pangan tidak hanya diupayakan dari lapangan atau lahan pertanian saja, namun bisa juga dari pemanfaatan lahan perkarangan. Selaku Pimpinan Daerah berharap, melalui Pencanangan Gerakan Mandiri Pangan (Gampang), kiranya dapat mendorong dan memotivasi masyarakat dalam mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga dengan membudayakan berbagai jenis tanaman sesuai kebutuhan pangan keluarga”, ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan kemeriahan memukul tambur sebagai petanda dibukanya acara. Dalam pemukulan tambur, Asisten Adi Dharma tampak didampingi oleh Ketua TP-PKK Kabupaten. Perwakilan dari Kejaksaan, Perwakilan dari Camat dan Ibu TP-PKK Kecamatan.
Sebelumnya, Ketua Panitia M. Dalail, SE melaporkan, penyelenggaraan kegiatan ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan, Peraturan Pemerintah Nomor 68 tahun 2002 tentang Ketahanan Pangan dan Keputusan Bupati Aceh Tamiang Nomor 1320 tahun 2020 Tentang Pembentukan Panitia Pelaksanaan Pada Kegiatan Pencanangan Gerakan Aceh Mandiri Pangan Kabupaten Aceh Tamiang.

Ia juga  melaporkan jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 60 (enam puluh) orang yang terdiri dari Para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak 12 (dua belas) orang, perwakilan Datok Penghulu sebanyak 30 (tiga puluh) orang, Tim Penggerak PKK Kecamatan sebanyak 12 (dua belas) orang dan Unsur Kelompok Wanita Tani sebanyak 6 (enam) orang dan bertindak sebagai narasumber yakni Ibu Ketua TP- PKK Kabupaten Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia, ST, MM.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Unsur kejaksaan, Perwakilan Dari Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan, Perwakilan Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian, Perwakilan Dinas PMKPP dan KB, Perwakilan dari Kadis Kesehatan, Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tamiang, Ketua BKMT Aceh Tamiang, Ketua Dharmawanita, Para Camat, Ketua TP-PKK Kecamatan dan Insan Pers.

Pewarta: Wiwin Hendra

Sumber: Humas Sekdakab Atam

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250