JANGAN SAMPAI SHALAT SIA-SIA

  • Whatsapp

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

*JANGAN SAMPAI SHALAT KITA SIA-SIA*

*عَن أَبِي هُرَيْرَةَ، قَال: قَال رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ الرَّجُلَ لَيُصَلِّي سِتِّيْنَ سَنَةً وَ مَا تُقْبَلُ لَهُ صَلَاةٌ وَ لَعَلَّهُ يُتِمُّ الرُّكُوعَ وَلَا يُتِمُّ السُّجُودَ وَ يُتِمُّ السُّجُودَ وَلَا يُتِمُّ الرُّكُوعَ*

Dari Abu Hurairah, dia berkata: Rosulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: *“Sesungguhnya ada seseorang yang sholat selama 60 tahun, namun semua sholatnya tidak diterima. Terkadang dia menyempurnakan ruku’, tetapi tidak menyempurnakan sujud. Dan terkadang dia menyempurnakan sujud, tetapi tidak menyempurnakan ruku'”.* (HR. Al-Ashbahani di dalam at-Targhib dan Ibnu ‘Adi di dalam Al-Kamil, 7/256, dihasankan oleh Al-Albani di dalam Silsilah Ash-Shohihah, no. 2535)

📚 *[ FAWAID HADITS ]* 📚

Ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dari hadits ini, antara lain:

[ 1️⃣ ] *Islam telah mengajarkan tata cara sholat dengan sempurna.* Maka janganlah kita meremehkan untuk belajar tata cara sholat dengan sebaik-baiknya.

[ 2️⃣ ] *Orang yang sholat dengan meninggalkan syarat atau rukunnya, maka sholatnya tidak sah,* dan harus mengulangi.

*Catatan :*
[Ada beberapa syarat shalat (hal-hal yang harus dipenuhi sebelum shalat dikerjakan), diantaranya adalah bersuci dari hadats kecil & hadats besar, suci dari najis (baik baju, badan dan tempat shalat), telah masuknya waktu shalat, menutup aurat, menghadap kiblat dan niat shalat. Jika syarat ini tidak dipenuhi maka shalatnya tidak sah atau batal.

Adapun rukun shalat adalah hal-hal yang harus dipenuhi saat shalat dikerjakan, jika tidak dipenuhi maka shalatnya batal.

Rukun shalat itu diantaranya adalah takbiratul ikram, berdiri bagi yang mampu saat mengerjakannya, membaca surat al-Fatihah, ruku’ secara tumakninah, berdiri tegak dari ruku’ secara tumakninah, sujud dan tumakninah di dalamnya, duduk di antara dua sujud, tasyahud akhir, membaca shalawat untuk Nabi ‘shallallahu alaihi wa salam dan terakhir salam.

Dan banyak pelanggaran yang terjadi pada orang yang shalat bahwa hidungnya tidak menempel ke tanah saat sujud. Hidung menempel ke tanah termasuk kesempurnaan shalat.]

[ 3️⃣ ] *Tumakninah (ketenangan) di sholat adalah rukun.* Yaitu di dalam ruku’, i’tidal, sujud, dan lainnya

[ 4️⃣ ] *Orang yang sudah sholat selama 60 tahun, berarti umurnya lebih dari itu,* sebab tidak mungkin seseorang lahir langsung bisa melaksanakan sholat. Dan sholatnya tidak diterima, sedangkan dia tidak merasa. Maka ini musibah di atas musibah.

[ 5️⃣ ] *Keutamaan ilmu dan urgensi tholabul ilmi, serta bahaya kebodohan di dalam masalah agama.* Jangan sampai sholat kita sia-sia, dengan sebab tidak belajar ilmu agama.

[ 6️⃣ ] *Sebagian orang mengatakan “Yang penting melaksanakan sholat, masalah diterima atau tidak, itu urusan Alloh!”*. Ya, namun belajar masalah sholat juga penting, sebab Alloh dan Rosul-Nya sudah mengajarkan tata cara sholat dengan sebaik-baiknya.

[ 7️⃣ ] *Ketulusan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di dalam memberikan bimbingan kebaikan bagi umatnya.*

Inilah sedikit penjelasan tentang hadits yang agung ini. Semoga Alloh selalu memudahkan kita untuk melaksanakan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan. Dan selalu membimbing kita di atas jalan kebenaran menuju sorga-Nya yang penuh kebaikan.

Ditulis oleh *Ust. Muslim Atsari* hafizhahullah (Mudir Ponpes Ibnu Abbas – Sragen)

أسْتَغْفِرُ الله

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250