Pemkab Tamiang Gelar Sosialisasi Penerapan Sistem Informasi

  • Whatsapp

Aceh Tamiang  SAB: Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang H. Basyaruddin, SH, membuka sosialisasi Penerapan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang digelar di Aula Bappeda Kabupaten Aceh Tamiang pada Senin (19/10/19). SIPD ialah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tamiang.

Dalam arahannya Sekda Basyaruddin menjelaskan bahwa, Aplikasi SIPD harus digunakan oleh Pemkab Aceh Tamiang dalam menyusun perencanaan dan keuangan daerah mulai tahun anggaran 2021.

“Aplikasi SIPD ini sebenarnya sebagai alat bantu dalam penyusunan RPJM, Renstra, RKPD, RKPD Perubahan, KUA/PPAS Perubahan, APBD dan APBD Perubahan agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan arahan Permendagri No. 90 Tahun 2019,” terangnya.

“Alat bantu ini juga akan menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi antara pelaksanaan perencanaan serta anggaran”, sambung Sekda.

Selain sebagai alat bantu, SIPD juga akan mengoptimalkan partisipasi masyarakat dan menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efesien, efektif berkeadilan dan berkelanjutan.

“Sebagai Ketua TAPK dan Super Admin Daerah, saya minta Kepala SKPK dan Jajarannya harus paham penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2021 dan diharapkan pada tahun 2022 lebih sempurna,” ujar Sekda.

Sebelumnya laporan dari Kepala Bappeda Drs. Rianto Waris selaku Ketua Pelaksana Kegiatan melaporkan Implementasi SIPD harus dilakukan oleh OPD dengan melakukan pemuktahiran pemetaan program kegiatan dan sub kegiatan sesuai dengan Permendagri Nomor : 050/3708/2002. Dalam Implementasi ini, Sekda harus memberikan penegasan.

“Tanpa ada dukungan dari OPD, maka target dalam pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah tidak akan tercapai”, ungkap Rianto.

Hadir dalam kegiatan tersebut Seluruh Kepala OPD dalam Kabupaten Aceh Tamiang, Para Kabag Setdakab dan Para Camat dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Pewarta: Wiwin Hendra

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *