Manfaatkan Bahan di Sekitar, Tim Unsam Lakukan Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair Organik

  • Whatsapp

Langsa, SAB: Tim Pengabdi Universitas Samudra (UNSAM) Langsa melakukan pelatihan pupuk organik cair organik dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang tersedia di sekitar.

Pelaksanaan pelatihan pemanfaatan pupuk organik cair PGPR (Plant Growth promoting Rhizobacteria) pada tanaman kacang panjang bertujuan untuk meningkatkan Perekonomian Masyarakat.

Kegiatan tersebut  dilaksanakan oleh Tim Pengabdi dari Universitas Samudra (Unsam) Langsa yang di Pimpin langsung Ir. Adnan, MP sebagai Ketua, serta Nurlaila Hanum, SE, M.Si dan Ziaul Maula, SE, M.Si sebagai Anggota

Pelaksanaan Pelatihan Pemanfaatan pupuk cair PGPR (Plant Growth promoting Rhizobacteria) Pada Tanaman kacang Panjang Untuk Meningkatkan Ekonomi Rakyat Di Gampong Sarah Teubee, ini dilaksanakan pada bulan Juli – dan akhir September 2021,

Dalam wawancaranya ke pada Media ini Ir. Adnan, MP. mengatakan alasan kita membuat suatu pelatihan pembuatan pupuk yang kita memanfaatkan dari sumber daya lokal yang tersedia di Gampong, untuk menjawab keterbatasan yang ada di tengah tengah masyarakat karena saat ini Harga pupuk buatan (an-organik) yang ada, terlalu tinggi sehingga masyarakat tani sulit untuk menjangkaunya di tengah tengah masyarakat, sebutnya.

Bahwa saat ini pupuk merupakan unsur hara penting yang dibutuhkan tanaman kacang panjang untuk pertumbuhannya, oleh sebab itu ketersediaannya pada tingkat petani di pedesaan sangat dibutuhkan. Harga pupuk buatan (anorganik) yang ada, terlalu tinggi sehingga masyarakat tani sulit untuk menjangkaunya.

Pengadaan pupuk oleh petani pada budidaya tanaman kacang panjang menjadi kendala. Menyahuti kondisi tersebut, maka masalah kekurangan pupuk untuk tanaman kacang panjang menarik untuk ditelaah dan dikaji, guna mendapat solusinya.

Salah satu alternatif untuk mengatasi kekurangan pupuk (hara) pada tanaman kacang panjang adalah dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang tersedia di Gampong yaitu dengan cara pelatihan membuat pupuk Organik Cair Plant Growth Promoting Rizobacteria (PGPR) dan pengaplikasian pada tanaman kacangan panjang sebagai tanaman indikator, sehingga dapat menstimulus pertumbuhan dan produksi, dan nantinya dapat meningkatnya produksi serta pada akhir nya pendapatan ekonomi masyarakat juga akan meningkat.

Sarah Teubee adalah salah satu Gampong yang berada di wilayah Rantau Selamat Kabupaten Aceh Timur, memiliki potensi pertanian yang baik dan memiliki lahan kering yang belum dimanfaatkan secara tepat.

Dari kondisi tersebut maka perlu adanya sentuhan teknologi baik penyediaan pupuk maupun aplikasinya dalam upaya memenuhi tersedianya hara, maka perlu dilakukan pelatihan pembuatan pupuk Organik Cair PGPR dan teknis aplikasinya pada tanaman kacang panjang, dengan harapan dapat menekan biaya produksi pada kegiatan usahataninya sehingga berakibat meningkatkan pendapatan petani yang akhirnya bisa “mendorong pada meningkatnya ekonomi rakyat”.

Wiwin Hendra

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *