Babinsa 14/Ranto Perlak Turun ke Sawah Semprot Hama

  • Whatsapp

Ranto Peureulak, SAB: Pelda Zulfiadi Anggota Koramil 14/Ranto Peureulak Kodim 0104/Aceh Timur lakukan pendampingan kepada Usman yang sedang melakukan penyemprotan hama padi di sawah seluas 5 Rante, yang terletak di Desa Alue Batee, Kecamatan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (02-10-2021).

Penyemprotan pada tanaman padi merupakan salah satu upaya dalam mengantisipasi serangan hama ulat penggulung daun maupun wereng yang dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya tanaman, untuk itu diperlukan upaya pencegahan dini terhadap serangan hama dan penyalit serta dibutuhkan teknik menyemprot tanaman padi yang baik dan benar.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Pelda Zulfadli yang memulai kegiatanya dengan melakukan pendampingan kepada usaman salah satu anggota kelompok tani yang sedang menyemprot hama pada tanaman padi miliknya.

“Adapan wakut yang tepat dan sangat baik dalam penyemprotan tanaman padi yaitu pada saat mulut daun terbuka atau pagi hari pukul 09.00 dan sore jam 16.00 wib,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa penyemprotan hama ini harus dilakukan secara serentak agar hama wereng tersebut tidak ada kesempatan untuk berpindah tempat ke lahan padi lainnya.

Usman selaku pemilik lahan menyampaikan kita para petani selalu berkoordinasi dengan Babinsa dan petugas PPL di Desa Alue Batee, bila ada tanaman padi yang kurang baik pertumbuhanya, sehingga petunjuk dari Babinsa dan PPL untuk dilakukan penyemprotan atau pemupukan, pungkasnya.

WIWIN HENDRA

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *