Babinsa Beri Materi Pemahaman dan Pengamalan Pancasila di SMPN 1 Simpang Jernih

  • Whatsapp

Simpang Jernih, SAB: Pada 01 Oktober 2021 pukul 08.30 WIB Koptu Tri Wahyudi melaksanakan sosialisasi pemahaman pengamalan Pancasila dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila di SMPN 1 Kecamatan Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur.

Pengenalan wawasan kebangsaan sejak dini terus di upayakan di wilayah Koramil 10/Spj Kodim 0104/Aceh Timur. Kali ini yang memberikan sosialisasi Babinsa Koramil 10/Spj Kodim 0104/Aceh Timur Koptu Tri Wahyudi melaksanakan sosialisasi pemahaman pengamalan Pancasila dalam rangka memperingati hari kesaktian Pancasila di depan siswa  SMPN Kecamatan Simpang Jernih.

Mengenalkan Wawasan Kebangsaan di wilayah binaannya, adalah suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap Bintara Pembina Desa, Dalam hal ini Koptu Tri Wahyudi mengingatkan kepada generasi muda untuk selalu mengingat sejarah besar bangsa Indonesia.

Dalam pemberian materi, Babinsa Koptu Tri Wahyudi menyampaikan, dalam bahasa sederhana diselingi dengan kuis pertanyaan, agar siswa Siswi tidak merasa jenuh dan bosan.

Kemudian Koptu Tri Wahyudi memaparkan tentang Cinta Tanah Air, Rela Berkorban Demi Negara dan Bangsa, yakin akan Kesaktian Pancasila dan UUD 1945.terangnya.

Dalam arahannya Koptu Tri Wahyudi mengatakan kepada Siswa siswi SMPN Simpang Jernih bahwa salah satu sikap Cinta Tanah Air dapat diwujudkan dalam bentuk mengikuti upacara bendera rutin yang dilaksanakan pada setiap hari senin, menghormat pada Bendera Merah Putih, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan lain-lain.

“Materi yang saya berikan kepada Siswa Siswi SMPN Simpang Jernih yakni pengertian tentang lambang negara (Garuda Pancasila) dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika,” terang Koptu Tri Wahyudi.

Ditambahkannya, setelah mengetahui tentang Pancasila ini nantinya para siswa/siswi diharapkan mampu melaksanakan tugas belajar dengan baik dan dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui kegiatan ini siswa/siswi kita ajak selalu ikut menjaga kecintaannya kepada negara Indonesia dan menghayati 4 pilar kebangsaan yakni, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan NKRI,” imbuhnya.

Senada dengan itu, Danramil Simpang Jernih Kapten Inf Mashudi mengatakan pada Media ini, untuk mengisi kegiatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 01 Oktober bahwasannya kami dari Jajaran TNI terus selalu mengingatkan kepada Masyarakat tentang Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan kewarga negaraan, juga kepada siswa-siswi untuk lebih disiplin dan rajin belajar, taat kepada orang tua dan guru, patuh pada tata tertib sekolah, mentaati norma agama, peraturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah dan lingkungan rumah.ucapnya.

“Pancasila adalah pedoman dalam kehidupan kewarganegaraan, dengan mengenalkannya sejak dini diharapkan dapat mencegah ideologi-ideologi yang bertentangan dengan Pancasila,” tukas Kapten Inf Mashudi

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN Simpang Jernih Suriadi, S.Pd sangat mengapresiasikan atas eksistensi yang dilakukan oleh jajaran Koramil 10/Spj Kodim 0104/Aceh Timur yang telah memberikan pemahaman kepada Generasi Penerus Bangsa tentang ikut menjaga kecintaannya kepada negara Indonesia dan menghayati 4 pilar kebangsaan yakni, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan NKRI,” dan mengingatkan kepada generasi muda untuk selalu mengingat sejarah besar bangsa Indonesia ini, pungkasnya.

Wiwin Hendra

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *