Sekda Aceh Timur Launching Aplikasi Evaluasi dan Pelaporan Anggaran e-EPIA

  • Whatsapp

Sekda Aceh Timur Launching Aplikasi e-EPIA

Aceh Timur – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Timur Ir. Mahyuddin, M.Si kembali melaunching sebuah Aplikasi untuk memudahkan pengimputan realisasi anggaran SKPK dalam Pemerintah Kabupaten Aceh Timur.

Peluncuran aplikasi ini dihelat di ruang Aula Sekretariat Kabupaten Aceh Timur pada Rabu 18 Agustus 2021 oleh Ir Mahyuddin M.Si yang turut dihadiri oleh Asisten l Syahrizal Fauzi, S.STP, M.AP serta sejumlah kepala OPD dan Kabag di Sekdakab Aceh Timur.

Sekda Aceh Timur Ir Mahyuddin MSi mengatakan, Aplikasi Evaluasi dan Pelaporan Induk Anggaran atau yang disingkat dengan e-EPIA ini sebagai wujud implementasi Aksi Perubahan Kinerja Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) PUSLATBANGKHAN LAN RI yang di ikuti oleh Zulkifli, SE, M.AP selaku Kabag Administrasi Pembangunan di Setdakab Aceh Timur.

Menurut Ir Mahyuddin, berdasarkan laporan dari Kabag Administrasi Pembangunan, dengan Aplikasi e-EPIA yang baru dikembangkan ini dirancang untuk memudahkan perangkat daerah dalam menyusun laporan penyerapan anggaran.

“Menurut Kabag Administrasi Pembangunan rancangan Aplikasi ini dikembangkan dari Format laporan A1 yang dikirimkan oleh Pemerintah Provinsi Aceh dalam bentuk Excel sebagai laporan penyerapan anggaran,” kata Sekda Aceh Timur Ir. Mahyuddin, M.Si Rabu (18/6/2021).

Rancangan Aplikasi ini sambung Ir Mahyuddin, sudah ada buku panduannya atau manual book dan dapat diunduh di halaman Web Bagian Administrasi Pembangunan, untuk akses pengimputan laporan SKPK nantinya, juga dapat dibuka melalui halaman link e-EPIA, namun harus melalui pasword masing-masing SKPK, dan dapat menghubungi admin operator Bagian Administrasi Pembangunan.

“Kami sangat mendukung keberlanjutan pengembangan aplikasi ini, sehingga untuk jangka panjang dapat menjadi sebuah Aplikasi Laporan Penyerapan Anggaran, dan dapat mendukung E-Kinerja dan menjadi tolak ukur capaian serapan anggaran, serta menjadi evaluasi kinerja SKPK,” pungkas Ir Mahyuddin MSi. (Sumber: Dokumentasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo Aceh Timur).

Pewarta: Wiwin Hendra

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *