Kasdim 0104/Atim: “Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Wujud Cinta Tanah Air”

  • Whatsapp

Langsa – Kepala Staf Kodim 0104/Aceh Timur Mayor Kav Dani Syahputra, S.A.P. ikuti prosesi upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021, di Pendopo Walikota Langsa,Jln. WR. Supratman, Gp. Jawa, Kec. Langsa Kota, Kota Langsa.

Walikota Langsa Usman Abdullah, S.E menjadi Irup HUT RI ke-76 yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang diikuti (+-) 80 orang, Senin (17-08-2021).

Prosesi Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin Walikota Langsa tersebut berlangsung khidmat. Yang bertidak selaku Komandan Upacara yakni Danramil 02/Langsa Kapten Inf Sukamto, dan Kapten Inf M.Kaoy bertindak sebagai Perwira Upacara.

Sementara itu Ketua DPRK Kota Langsa Zulkifli Latif bertindak sebagai pembaca Teks Proklamasi Kemerdekaan. Pembacaan UUD 1945 oleh Wakil Ketua DPD KNPI Kota Langsa Muhammad Iqbal, SH dan Pembacaan Do’a oleh
Kepala kantor Kemenag Langsa Drs H Salahuddin, M.Pd.

Usai pelaksanaan upacara tersebut, Kasdim Mayor Kav Dani Syahputra kepada awak media mengatakan bahwa pelaksanaan upacara peringatan Kemerdekaan RI ini secara otomatis akan memupuk dan melahirkan rasa cinta terhadap NKRI, dimana salah satu rangkaian kegiatan terdapat penghormatan Bendera Sangsaka Merah Putih, yang merupakan lambang kesatuan dan persatuan kita diikuti dengan nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya, hal inilah yang membedakan penghormatan kepada hal apapun itu.

Menurut Kasdim, ungkapan tersebut di atas secara auto-sistematis merupakan bentuk penghormatan kepada Sangsaka Merah Putih yang disertai dengan nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya ditiap minggunya merupakan jalan secara bertahap untuk memupuk rasa cinta terhadap NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), dimana dari Sekolah Dasar terdahulu kegiatan ini tentunya telah kita jalani.

“Dimana tidaklah secara serta merta muncul dan tertanamnya kesetiaan hingga cinta tanah air sampai titik darah penghabisan didalam diri bangsa Indonesia jikalau jarang mengikuti dan menjalankan upacara bendera, mirisnya bahkan hitungan di dalam setahun pun tidak dilakukan,“ imbuhnya lagi.

Maka dari itu, Kasdim berpesan terhadap seluruh masyarakat Kota Langsa, pupuklah rasa cinta tanah air NKRI dengan bertahap dengan menghayati dan hapal isi dan makna dari lagu kebangsaan Indonesia Raya, sehingga kita dapat mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Dan tentunya juga kita harus mengingat segala bentuk perjuangan dan pengorbanan para pahlawan untuk memerdekakan Negara kita tercinta yaitu Negara Republik Indonesia, “Dirgahayu Republik Indonesia ke-76 tahun 2021, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, “pungkas Kasdim.

Tamu undangan yang hadir antara lain unsur Forkopimda Kota Langsa, Danki II Yon B Por Aramia AKP Rizki Julianda, Wakil Ketua DPD KNPI Kota Langsa Muhammad Iqbal, SH, Ketua MPD Kota Langsa Drs. Samad Hasan, MBA, Ketua MAA Kota Langsa Drs. Mursyidin Budiman, Ketua Rektor UNSAM Bukhari, S. Pd, M. Pd, Tamu dan Undangan.

Peserta upacara terdiri dari perwakilan TNI/Polri, PNS, dan Satpol-PP. Detik-detik proklamasi berlangsung tepat waktu, pukul 09:50 Wib, yang ditandai dengan bunyi sirine.

Pewarta: Wiwin Hendra

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *