Dandim 0104/Aceh Timur dan Forkopimda Apel Renungan Suci di TMP Langsa

  • Whatsapp

Langsa – Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021 serta untuk menghormati jasa para pahlawan, jajaran Pemerintah Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur menggelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci, yang bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Taman Makam Pahlawan, Jln. PTPN-I Langsa, Gampong Paya Bujuk Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Senin (17-08-2021) dini hari.

Apel kehormatan dan malam renungan suci ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan menjelang tanggal 17 Agustus, sebagai bentuk penghargaan kepada para kusuma bangsa yang telah gugur dalam membela tanah air dalam meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

Apel dan renungan suci yang digelar dini hari ini dipimpin oleh Kapolres Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, S.I.K., M.H.

Pelaksanaan apel tersebut berlangsung dengan khidmat yang diawali dengan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh Inspektur upacara. Suasana semakin sakral saat lampu dimatikan obor dinyalakan.

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapatkan tempat yang sewajarnya.

Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa, ”ucap Kapolres.

Usai kegiatan tersebut Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) kepada awak media menyampaikan bahwa peringatan HUT Republik Indonesia Ke-76 Tahun 2021 dengan Mengusung tema,” Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh ”.

Dandim juga menjelaskan, Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini diadakan guna memperingati HUT kemerdekaan RI yang ke 76 dan merupakan bentuk Penghormatan atas jasa para pahlawan yang telah gugur demi menjaga dan memperjuangkan keutuhan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati dan mengahargai jasa jasa para pahlawannya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas kemerdekaan yang sudah kita peroleh”.

Lanjut Dandim “Renungan Suci juga rutin dilaksanakan setiap tahunnya, untuk menandai detik-detik proklamasi memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan NKRI sebelum diadakannya upacara pengibaran bendera yang dilaksanakan pagi hari”. Dalam pelaksanaannya, kegiatan tahun ini masih sama dengan tahun kemarin menerapkan protokol kesehatan dengan jumlah peserta renungan suci yang terbatas karena ditengah pandemi Covid-19 seperti penggunaan masker dan menjaga jarak, meski digelar dengan terbatas upacara pengibaran bendera berlangsung dengan khidmat,” paparnya.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh unsur Forkopimda Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur, Dansubdenpom Langsa Lettu Cpm Muhadar, Jajaran perwakilan Asisten Pemko Langsa dan Kab. Atim, Jajaran Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemko Langsa dan Kab. Atim, Tamu dan undangan, dan Peserta Upacara.

Pewarta: Wiwin Hendra

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *