Asosiasi Pedagang dan Pengrajin UMKM Kota Langsa Adakan Silaturahmi Sesama Anggota

  • Whatsapp

Langsa – SAB: Menjelang Peresmian (Lounching) Kedai Singgah yang terletak di Pintu Gerbang Langsa Jalan A. Yani, hari ini Selasa 17-08-2021, Asosiasi Pedagang dan Pengrajin UMKM Indonesia (APPUI) Kota Langsa mengadakan sikaturahmi sesama anggota.

Demi membangun Kredibilitas, Sinergitas dan juga demi Menjalin tali Silaturahmi yang dilakukan para pengrajin Usaha Mikro Kecil Menengah yang tergabung dalam Asosiasi Pengerajin dan Pedagang UMKM Indonesia (APPUI) Kota Langsa mengadakan ngopi dan makan bareng di warung singgah  di tepi jalan A. Yani Kota Langsa.

Ketua APPUI kota Langsa Muliati,S.Kom yang sering disapa kak Lia mengatakan pada Media ini bahwa: “Kegiatan ini dilakukan secara spontanitas dari rekan-rekan APPUI untuk berkumpul, tujuan tak lain hanya untuk silaturahmi dan membicarakan tentang persiapan peresmian Kedai Singgah ini”.

Kak Lia juga berharap komunikasi APPUI dan oara UMKM yang tergabung didalam wadah ini tetap eksis karena,” kedepannya kita akan merencanakan agenda Silaturahmi para pengusaha UMKM sekalian membicarakan produk produk yang mereka akan titipkan kepada APPUI Pusat.

Menurut Kak Lia, UMKM yang resmi mendaftar di APPUI  mencapai 50 UMKM, sementara produk yang terkumpul sudah mencapai ratusan yang telah dikelola oleh pengrajin yang ada di Kota Langsa.

“Selain itu kita juga tidak menutup kepada pengelola yang berada diluar Kota Langsa, yang penting produk khas Aceh boleh berasal dari daerah Aceh lainnya”, ujar Kak Lia.

Kak Lia melanjutkan, produk-produk khas Aceh yang sudah didata mencapai 120 dengan jenis beraneka ragam mulai dari kuliner, makanan ringan juga kerajinan tangan dan produk lainnya yang ada kaitannya dengan barang khas ke Aceh.

Sementara kerajinan yang khusus dari Kota Langsa dan layak untuk dipasarkan adalah keripik dari manggrove, sirup dari hutan Manggrove, keripik jeruju yang berasal dari daun-daun yang berada di wilayah kota Langsa serta  keripik kedondong.

Berdasarkan dari arahan Kadis Disperindagkop dan UKM Kota Langsa, Mahlil, SH. yang telah mengamanahkan kepada kami sebanyak 10 unit kedai untuk kami kelola yang berbentuk pasar singgah yang terletak di Langsa Lama.  Kedai tersebut akan segera dibuka agar masyarakat mengetahui keberadaan pasar singgah yang menjual produk produk khas Aceh dari Langsa dan sekitarnya. Direncanakan peresmian kedai singgah ini akan dilaksakan pada bulan September 2021i.

“Insya Allah peresmian kedai singgah ini akan dibuka oleh Wali Kota Langsa. Nantinya dari 10 kedai singgah ini kita sudah plotkan beberapa produk makanan ringan dan kuliner Khas Aceh produk kerajinan tangan dan juga ada rumah makan yang menyediakan kuliner khas Langsa yang menyediakan sambal ganja (sebuah julukan untuk sambal yang terbuat dari Udang kemudian belimbing wuluh cabe rawit daun jeruk dan bawang merah.
Pokoknya enak banget,” papar Kak Lia.

Diakhir wawancara, Muliati, S.Kom. berharap rekan-rekan pengusaha UMKM  tetap semangat dan jaga kesehatan, ikuti Protokol Kesehatan.

Wartawan Wiwin Hendra SAB

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *