Menunggu Pemulangan, Voni Gadis Asal NTT Diserahkan ke Komunitas NTT di Tamiang

  • Whatsapp

Aceh Tamaing – SAB: Sambil menunggu dipulangkan ke keluarganya di NTT, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Sosial  menyerahkan gadis asal NTT bernama Voni Nahak (18 tahun) pada Perwakilan Komunitas Flores, Sumba, Timor dan Alor (Flobamora NTT) di Kantor Dinas Sosial Aceh Tamiang, Kamis (12/8).

Penyerahan tersebut tertuang dalam Surat Pernyataan Penyerahan Anak, yang diserahkan oleh Zulfiqar, SP. selaku Kadinsos kepada Marcelus Migo Perwakilan Komunitas Flobamora NTT di Aceh Tamiang.

Dari informasi sementara yang dihimpun Dinsos Tamiang, Voni  merupakan seorang pencari kerja sebagai CTKA (Calon Tenaga Kerja Asing) yang ditempatkan di Provinsi Sumatera Utara (Medan) melalui PT. Rini Azhari Bayihaki. Namun tidak dijelaskan mengapa Calon Tenaga Kerja Asing ditempatkan di Medan.

Perwakilan dari Pihak PT. Rini Azhari Bayihaki bernama Gordon Rico membenarkan hal tersebut. Pihaknya sebagai penyalur calon pekerja memberikan sejumlah bukti  bahwa Voni terikat kontrak kerja dengannya. Bukti-bukti yang dimiliki oleh Gordon seperti adanya Sertifikat Latihan Kerja yang dikeluarkan oleh Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKN) Arni Family Kupang atas nama Voni (Trivonia Febian Nahak, Surat Rekomendasi Pemberangkatan Calon Tenaga Kerja AKAD dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Malaka, NTT dengan Nomor : KT.562/31/III/2021 dan terakhir Surat Pernyataan Melamar Pekerjaan atas izin orangtua.

“Dalam perjanjian tersebut, Voni memiliki kontrak kerja dengan PT. Rini Azhari Bayihaki selama 2 (dua) tahun. Dia baru menjalankan kontrak kerja selama 4 (empat) bulan,” ungkap Gordon.

Mencari jalan tengah untuk menyelesaikan masalah ini, saat itu juga dihadapan sejumlah pihak, Voni resmi diputus kontrak kerjanya dan akan dikembalikan kepada pihak keluarganya di NTT.

Perusahaan tersebut juga berjanji akan bertanggung jawab terhadap proses pemulangan Voni. Sembari menunggu proses pemulangan tersebut, Voni akan  diurus segala sesuatunya oleh Perwakilan Komunitas Flobamora NTT di Aceh Tamiang.

Wiwin Hendra SAB

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *