Tingkatkan Produksi Pertanian, Tiga Pilar Nurussalam Dampingi Petani Cabai

  • Whatsapp

Aceh Timur – Dalam rangka meningkatkan produksi pertanian dimasa Pandemi Covid-19, tiga pilar Kecamatan Nurussalam yang terdiri dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Nurussalam Kodim 0104/Aceh Timur Serma Untung Nurjoko, Perangkat Desa, dan Mantri Tani melaksanakan pendampingan petani dengan merawat tanaman cabai di Desa Medang Ara, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (11-08-2021).

Sesuai dengan anjuran pemerintah dimasa pandemi Covid-19 agar para petani tetap menjaga produksi pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan maka Babinsa sebagai aparat teritorial bersama perangkat Desa dan Mantri Tani di wilayah menindak lanjuti dengan membantu memberikan dorongan motivasi kepada petani.

Tentunya dengan memberikan pendampingan pertanian agar petani tetap produktif untuk bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan pertanian yang ada. “Sehingga produksi pertanian tetap terjaga untuk mendukung kebutuhan pokok masyarakat sebagai langkah antisipasi dimasa pandemi Covid-19″.

Hal tersebut disampaikan Danramil 09/Nrs Kapten Inf Noverlan saat dikonfirmasi terkait kegiatan Babinsa yang bantu petani di wilayahnya. “Babinsa kita arahkan agar selalu dekat dengan masyarakat ya salah satunya melaksanakan pendampingan kepada petani kita di wilayah, agar tetap produktif dimasa pandemi Covid-19,” ujar Danramil.

Selain memonitor dan memantau perkembangan Covid-19 serta membantu pemerintah dalam penyaluran bantuan diwilayahnya. “Tidak kalah pentingnya para Babinsa juga kita arahkan untuk memantau dan memonitor perkembangan ekonomi masyarakat serta melakukan pendampingan produksi pertanian dan berupaya meningkatkan ketahanan pangan masyarakat kita di wilayah,” katanya.

Kebutuhan konsumsi bahan makanan cabai dan sayuran di masyarakat terus meningkat, tentu nya harus di imbangi produksi hasil tanaman yang meningkat juga. Untuk mencapai target hasil produksi tanaman berbagai upaya di lakukan, seperti kegiatan pendampingan kepada petani cabai yang di laksanakan Babinsa bersama perangkat Desa dan Mantri Tani.

Sementara Serma Nurjoko juga menyampaikan bahwa mendorong petani memanfaatkan lahan dan menggiatkan petani untuk selalu menanam merupakan tugas dan peran Babinsa, perangkat Desa dan Mantri Tani di lapangan. sebagai pembina kewilayahan, kami terus melakukan pendampingan dengan memberikan bimbingan, pembinaan, penyuluhan, dan pengetahuan bidang pertanian dari mulai proses awal pengolahan lahan, pembibitan, perawatan dan mengatasi hama penyakit yang timbul,pemupukan, sampai hingga masa panen selesai serta penjualan hasil pertanian nya.

Harapan petani pada musim panen tiba, dengan melambung nya harga cabai merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi petani cabai, yang tentunya akan berpengaruh pada meningkat nya taraf hidup dan kesejahteraan keluarga petani cabai.

Dengan demikian selain meningkatkan perekonomian keluarga, petani juga telah ikut serta mewujudkan swasembada pangan sesuai program pemerintah,” tandasnya.

Pewarta: Wiwin Hendra

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *