Plt. Kadis Kominfo Aceh Timur, Iswandi, S.Sos.: “Masyarakat Jangan Terjebak Berita Hoaks”

  • Whatsapp
Iswandi, S.Sos., Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Aceh Timur (foto).

Idi Rayeuk, SAB: Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Aceh Timur Iswandi, S.Sos. mengajak masyarakat di Aceh Timur agar menyaring setiap informasi, sehingga tidak terjebak dengan berita hoaks (bohong).

Menurut Kadis Kominfo Aceh Timur ini, setiap berita yang tayang di media massa maupun di media sosial para pembaca harus menyaring dulu tentang kebenaran setiap informasi yang disaja ke ruang publik.

“Seperti informasi tentang Covid-19 dan juga vaksinasi, terkadang sengaja dihembus oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, padahal pemerintah di seluruh dunia, bahkan Arab Saudi sekalipun tetap berupaya agar dapat memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, termasuk menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) sampai melakukan vaksinasi agar terhindar dari penyakit,” sebut Iswandi.

Untuk itu, Iswandi mengimbau kepada warga yang ada di Aceh Timur agar jangan mudah percaya dengan berita hoaks, apalagi sumber berita yang tidak jelas dengan konten-konten yang disajikan namun tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Kalau ada informasi yang sesat lihat dulu yang menyajikan itu dari media mana, apakah media itu berbadan hukum yang diakui oleh negara, selain itu jangan mudah percaya,” harap Iswandi.

Iswandi juga meminta kepada masyarakat agar mau bertanya terkait setiap perkembangan informasi, apalagi tentang manfaat vaksinasi dan penanganan tentang Covid-19.

“Dikabupaten semua instansi ada yang dapat kita dikonsultasikan, apalagi tentang manfaat vaksinasi, ada dinas kesehatan, tentunya lebih mengetahui tentang kesehatan, tetapi kalau hanya mendengar isu-isu di warung kopi itukan sumbernya tidak jelas, untuk itu kita juga meminta agar masyarakat silahkan ke Diskominfo jika ingin mengetahuim tentang kebenaran setiap informasi,” harap Iswandi.

Untuk di Aceh Timur sendiri tambahnya, ada puluhan media baik cetak, elektronik maupun online, jika ada media yang menyebarkan hoaks Iswandi meminta agar melaporkan ke Diskominfo, apalagi menyangkut kebenaran informasi terkait manfaat vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Vaksinasi itu berlaku disemua negara, dan telah diuji oleh para ahli kesehatan, untuk itu masyarakat tidak perlu ragu, vaksinasi juga telah ada rekomendasi dari MUI tentang kehalalannya, selain itu juga aman untuk tubuh kita. Untuk itu, kalau sayang dengan keluarga dan agar tubuh kita tetap sehat maka segera lakukan vaksin dan jangan mudah percaya dengan berita hoaks,” harap Plt Kadis Kominfo Aceh Timur Iswandi.

Pewarta: Wiwin Hendra

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *