Pemkab Aceh Tamiang Menggandeng Pertamina Untuk Budidaya Vanili

  • Whatsapp

Aceh Tamiang – SAB: Wakil Bupati Aceh Tamiang T. Insafuddin mengunjugi peserta pelatihan petani dan pelaku agribisnis komoditi vanili Aceh Tamiang di Desa Rantau Pauh Kecamatan Rantau Kabupaten Aceh Tamiang, Jumat (30/07/2021).

Untuk budidaya vanili Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menggandeng Pertamina melalui program CSR.

Pelatihan dilaksanakan  selama dua hari, dan pada hari kedua para petani langsung melihat lihat kebun vanili binaan Kopda Wahyu anggota Koramil Bedahara di Desa Rantau Pauh.

Dalam kunjungan tersebut Wakil Bupati Aceh Tamiang T. Insafuddin mengatakan: “Komoditi ini baru dan harus menjadi komoditi unggulan di daerah khususnya  Aceh Tamiang dan  jika vainili ini tumbuh dengan baik maka akan mendongkrak perekonomian masyarakat khususnya para petani itu sendiri”.

“Dilihat dari harga jual vanili itu sendiri juga memberikan motivasi serta harapan kepada para pelaku petani vanili itu sendiri”, tambah Wabup.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri oleh Kasie Penangung jawab pelatihan Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Ir. Saftri, SP., dan Kasie  Pelatihan dan Pendidikan dari Provinsi Aceh, Ir. Elvinalita sebagai nara sumber.

Juga turut hadir CSR dari Pertamina Budi berserta tim yang siap mendukung dalam program budidaya vanili dan juga siap akan menjadi binaan Pertamina ke depan.

Sementara itu Muhamad Siar salah satu petani Vanili dari Kabupaten Aceh Timur yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut mengatakan: “Hendaknya kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Timur juga bisa memberikan motivasi kepada masyarakat petani vanili, oleh karena potensi dan nilai ekonomisnya sangat menjanjikan untuk kesejahteraan masyarakat”.

“Dan juga diharapkan kepada Bapak Bupati Aceh Timur serta para pihak terkait, dapat mengajak masyarakat serta mengembangkan program budidaya vanili kepada masyarakat di Aceh Timur”, tambah Muhammad Siar.

WIWIN HENDRA SAB

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *