Dandim 0117/Aceh Tamiang Kunjungi Petani Budidaya Talas Beneng Binaan Kodim

  • Whatsapp

ACEH TAMIANG, SAB- Kepedulian Kodim 0117/Aceh Tamiang di masa pandemik Covid – 19 kepada masyarakat di wilayahnya, Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita Kunjungi Budi Daya Talas Beneng Binaan Kodim 0117/Aceh Tamiang. sehingga dengan dibangkitkan kembali penanaman talas beneng lahan yang tadinya tidak dimanfaatkan dan dianggap sebagai lahan tidur kini di manfaatkan Untuk menanam talas beneng, bertempat di Desa Kampung Padang Langgis, Kecamatan. Seruway, Kabupaten. Aceh Tamiang. Selasa (27/07/2021).

Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita menjelaskan Sejarah Talas Beneng merupakan tumbuhan berasal dari Kabupaten Pandelang yang tumbuh didataran tinggi tepatnya di kaki gunung Karang dan kaki gunung Pulosari. Beneng kependekan dari besar dan koneng (Kuning) yang artinya berukuran besar dan berwarna kuning telah di kenal oleh masyarakat Pandeglang sejak jaman dulu dimana pada saat itu sangat kekurangan bahan makanan.

Lebih lanjut ia mengatakan Talas ini tumbuh liar di lereng gunung, memiliki batang yang besar dan panjang serta pada bagian akarnya terdapat umbi-umbi kecil yang bergerombol. Talas beneng merupakan jenis umbi umbian asli Pandeglang yang telah berhasil dikembangkan oleh warga kelompok tani untuk disajikan dalam berbagai bentuk seperti keripik kue dan bahan dasar penganan lainnya.

Talas beneng adalah tanaman yang tidak mengenal musim, bahkan tanaman ini semula dianggap tanaman yang bisa membuat gatal gatal. Hasil penelitian mengungkapkan tanaman dengan nama latin Xanthosoma undipes ini mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat,” ujarnya.

Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita sangat mendukung dan mengapresiasi budidaya talas beneng yang di lakukan petani binaan Kodim 0117/Aceh Tamiang. semoga Budi daya ini dapat membantu perekonomian masyarakat di Kampung Padang Langgis hususnya di Kabupaten Aceh Tamiang umumnya di tengah Covit – 19 ini. Kami Kodim 0117/Aceh Tamiang akan selalu mendukung petani di wilayah binaan Kodim 0117/Aceh Tamiang sehingga tercapai kesejahteraan untuk petani,” pungkasnya.

Setelah dari lokasi tanaman Talas Beneng Dandim 0117/Aceh Tamiang meninjau pemotongan tembakau dari daun Talas Beneng. Hadir di antaranya Dandim 0117 Aceh Tamiang Letkol CPN .Yususf Adi Puruhita , Pasi Intel Kapten Inf Nunuk Rukmana, Danramil Seruway Kapten Inf.Sri indarjo, Lettu Inf Faisal Hadi, Kapolsek Seruway Ipda Hufiza SH Fahmi ,Pelda Sarbaini ,Babinsa Serma Muslim , Babinkantibmas Brigadir Sopiyan Hadi ,kepala Mukim Tangse Lama , Datok penghulu Padang Langgis Riduwan dan para undangan lainnya.
Sumber: Rilis Pendim0117atam.

Pewarta: Wiwin Hendra

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *