Sertu Eko Purwanto Jadi Pemateri dalam Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik di Simpang Jernih

  • Whatsapp

Simpang Jernih – Sinar Aceh Baru: Sertu Eko Purwanto Babinsa Koramil 11/Birem Bayeun Kodim 0104/Atim menjadi instruktur (pemateri) dalam pelatihan pembuatan pupuk organik (alami) di Makoramil 10/Simpang Jernih Kecamatan Simpang Jernih Kabupaten Aceh Timur, Selasa (06/07/2021).

Dalam kegiatan yang dihadiri seluruh perwakilan Gampong se-Kecamatan Simpang Jernih, Sertu Eko Purwanto menyampaikan kepada masyarakat bahwa untuk pembuatan pupuk organik harus dilaksanakan dengan cara fermentasi pupuk dengan bahan sayur-sayuran dan buah-buahan dicampur zat Em4 pertanian, kegunaannya untuk meningkatkan kesuburan tanah dan merangsang produksi buah tanaman.

Geuchik Gampong Simpang Jernih Andika saat di tanya tanggapannya oleh Media ini tentang kegiatan yang dilakukan oleh personil TNI dari Koramil 11/Brb mengatakan, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini bisa menambah pemahaman kami dalam pembuatan pupuk organik.

“Hal ini tentunya menghemat pengeluaran kami untuk kebutuhan pupuk serta menyehatkan masyarakat karena mengurangi pengolahan lahan menggunakan pupuk kimia buatan pabrik,” dan kami sangat berterimakasih sekali atas perhatian personil TNI terhadap para petani Ucap Andika.

Danramil 10/Spj Kodim 0104/Aceh Timur Kapten Inf Mashudi dalam wawancaranya kepada media ini juga sangat mendukung dan sangat mengapresiasikan atas inovasi yang dilakukan oleh Sertu Eko Purwanto terhadap Masyarakat Kecamatan Simpang Jernih sekaligus turut memotivasi pembuatan pupuk tersebut karena menekan biaya dalam usaha pertanian serta bahan bahannya mudah di dapat dan tidak kalah dengan pupuk kimia.

Selaku Danramil saya berharap kegiatan pelatihan ini bisa menjadikan para petani untuk tidak terpaku pada pupuk kimia saja akan tetapi juga bisa mengolah limbah organik yang ada di sekitar lingkungan rumah guna di jadikan pupuk agar tanaman lebih subur serta bila di konsumsi lebih sehat karena tidak menggunakan pupuk kimia, terang Kapten Inf Mashudi.

Diliput Oleh Wiwin Hendra
Sinar Aceh Baru

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *