Dandim 0104/Atim Bakal Siapkan Program Orang Tua Asuh bagi Penderita Thalasemia

  • Whatsapp

Langsa – Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) usai bakti sosial donor darah melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Langsa Dr. Dahnia, M. Kes, yang bertempat di Aula Serbaguna Makodim, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Gampong Payabujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Kamis (24-06-2021).

Dalam Komsos tersebut Dandim 0104/Atim akan merencanakan dan akan menghimpun kembali orang tua asuh bagi para penderita Thalasemia, sebagai sarana untuk membantu penyediaan darah yang berada di wilayah kerjanya.

Letkol Hasanul Arifin Siregar juga menyampaikan bahwa kami seluruh warga Kodim 0104/Atim merasa terpanggil untuk berpartisipasi dalam menyediakan darah secara rutin bagi penderita Thalasemia, mengingat masih minimnya persediaan darah yang dimiliki oleh Palang Merah Indonesia (PMI) maupun RSUD Kota Langsa,” ujar Dandim.

Melalui Program Orang Tua Asuh (POTA) bagi penderita Thalassaemia yang telah berjalan sejak tahun 2015 hingga kini dirasa masih berjalan dengan optimal, karena komposisi yang telah dijalankan adalah satu anak bakal memiliki sepuluh orang tua asuh.

“Kami bertekad akan menjadi pendonor rutin bagi penderita Thalassaemia sebagai wujud kemanunggalan TNI-Rakyat dan saya secara pribadi akan selalu siap menjadi pendonor darah bagi yang sedang membutuhkan,” tegas Dandim.

Sementara Dr. Dahnia, M. Kes menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga Kodim 0104/Atim atas akan dilaksanakan kerjasama kembali, yang nantinya akan dituangkan dalam MoU penyediaan darah bagi penderita Thalasemia.

“Ini adalah kali ketiga akan terselenggaranya kegiatan setelah yang pertama berjalan dengan baik mulai tahun 2015 lalu”, ucap Ketua Donor Darah PMI Kota Langsa itu.

Penyakit Thalasemia adalah penyakit genetik yang belum ada obatnya hingga saat ini. Hanya dengan bantuan pendonor darah, pengidap penyakit Thalasemia dapat bertahan hidup dan terjaga kondisi kesehatannya,” pungkasnya.

Pewarta: Wiwin Hendra

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *