Petugas Lapas Kelas IIB Meulaboh Bersama Warga Binaan Melakukan Sholat Idul Fitri

  • Whatsapp

Judul : Petugas Lapas Kelas IIB Meulaboh Bersama Warga Binaan Melakukan Sholat Idul Fitri

Petugas Lapas Kelas IIB Meulaboh bersama dengan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan Kelas IIB Meulaboh melaksanakan sholat idul fitri 1442H.

Pelaksanaan sholat terlihat tertib dan aman, seluruh warga binaan sangat antusias mendengar khutbah idul fitri yang disampaikan oleh Ustadz Ja’far Siddiq.

Selesai melaksanakan sholat dan khutbah, Kalapas Said Syahrul didampingi KPLP, Kasi Kamtib, Kasi Binadik, Kasubsi Registrasi dan Kasubsi Bimkemas, membacakan nama-nama Warga Binaan Pemasyarakatan yang memperoleh remisi khusus di hari raya idul fitri tahun ini.

Perlu diketahui, Remisi adalah pengurangan masa hukuman yang didasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Menurut Pasal 1 Ayat 1 Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 174 Tahun 1999, remisi adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah berkelakuan baik selama menjalani pidana terkecuali yang dipidana mati atau seumur hidup.

Menurut Pasal 1 Ayat 6 Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1999, remisi adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.

Menurut Pasal 34 Peraturan Pemerintah No. 99 Tahun 2012 sebagai berikut:
1. Setiap narapidana dan anak pidana berhak mendapatkan remisi.
2. Remisi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah memenuhi syarat:
a. berkelakuan baik; dan
b. menjalani masa pidana lebih dari 6 (enam) bulan.
1). Persyaratan berkelakuan baik sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dibuktikan dengan:
a). tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun 6 (enam) bulan terakhir, terhitung sebelum tanggal pemberian remisi; dan
b). telah mengikuti program Pembinaan yang diselenggarakan LAPAS dengan predikat baik.

Adapun warga binaan yang telah diusulkan untuk memperoleh remisi tahun ini berjumlah 217 orang. Kegiatan ibadah dan pemberian remisi ini berlangsung tertib dan aman.

Pewarta: Imam Nugroho

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *