Kakanwil Kemenag Aceh Resmikan Lab Bahasa Mtsn, Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji di Langsa

  • Whatsapp

Langsa-SAB: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Aceh, Dr. H. Iqbal S.Ag M.Ag meresmikan Laboratorium (Lab) Bahasa di MTsN I Langsa dan meresmikan Gedung Balai Nikah serta Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Langsa Baro yang berada di Jalan Arraniry II Kecamatan Langsa Baro, Senin 22-03-2021.

Hadir dalam peresmian tersebut Wakil WaliKota Langsa DR.H.Marzuki Usman,MM dan  Kementerian Agama Kota Langsa,” Drs. H.Hasanuddin,MA

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Ka Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh, Dr.H. Iqbal S.Ag M.Ag, bersama Wakil Walikota Langsa, Dr.H.Marzuki Hamid,MM melakukan pemotongan pita tanda Laboratorium (Lab) Bahasa di MTsN I Langsa sekaligus Gefung Balai Nikah dan Manasik Haji, resmi dibuka.

Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Kantor Urusan Agama (KUA) Langsa Baro yang beralamat di Jalan Arraniry II Kecamatan Langsa Baro, kini di Pimpin Oleh Ustad Irham Zakaria,S.Sos.I

Dr. Iqbal mengatakan, untuk menggenggam dunia itu haruslah mampu berbahasa yang fasih, oleh karenanya Peresmian bukan hanya sekedar peresmian tapi ini haruslah fokus dilaksanakan dan dijalankan programnya.

“Jangan setelah kita buka dan resmikan , kita berhenti begitu saja, kalau perlu tidak saja fokus dalam dua bahasa saja namun kiranya bahasa yang lain seperti China juga dipelajari karena dia memonopoli ekonomi dunia,” pinta Iqbal.

Kemudian, menyangkut dengan Peresmian bahasa, Kakanwil berharap Kota Langsa menjadi contoh bagi tempat-tempat lain, harus serius melaksanakan dan perlu dukungan oleh dewan guru.

“Jangan pernah takut dalam memasyarakatkan bahasa meskipun salah,” imbuh Iqbal.

Ia berharap, agar anak-anak fasih berbahasa Arab dan Inggris, tidak hanya tinggal nama setelah di resmikan namun menjadi kebiasaan sehari-hari di Madrasah.

“Apabila bahasa sudah dikuasai maka dunia ada digengaman tangan kita, jadilah Madrasah hebat dan bermartabat.

Melalui peresmian ini diharapkan dan kita do’akan gerakan massal pengembangan Bahasa Arab dan Inggris di Madrasah Unggul dan Inovasi.

Sementara di tempat terpisah dalam peresmian Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama Kecamatan Langsa Baro, Dr Iqbal menyatakan kendala di pihak Kemenag tidak tersedianya anggaran pembebasan lahan.

Kemudian, satu unit gedung pusat layanan haji dan umroh di Kantor lama Kemenag, bersumber dari dana SBSM.

Lanjutnya, peningkatan kapasistas calon pengantin (Catin) dan bimbingan Catin ini sangat penting, di mana syarat tambahan berupa bebas Narkoba.

“Dengan diresmikannya kantor baru ini bisa memberikan layanan maksimal dan tidak ada lagi keterhambatan.

dan Dr.Iqbal juga menambahkan jangan ada imej tidak bagus di Masyarakat tentang pelayanan di kantor ini.

Layanan ini tidak memungut biaya atau nol rupiah alias gratis.  Pungutan-pungutan kalau di kantor itu sama sekali tidak ada,” tegasnya.

Sementara Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, menyebutkan, dengan peresmian ini menambah layanan kepada masyarakat.

Ada beberapa program sinergisitas kegiatan pranikah, Pemko Langsa ingin menciptakan program one stop service di mana ada empat lembaga untuk bekerjasama.
“Di mana One Stop Service ini melibatkan Dinas BKKBN dan Perlindungan Anak, BNN, Kemenag dan Dinas Kesehatan.

Ini dilakukan supaya ada singkronisasi baik itu dinas-dinas dan urgen BNN agar tidak terlibat penyalahgunaan narkoba,” jelas Marzuki.

Selain itu, menjadi masukan dan evaluasi terkait pembinaan sebelum menikah, berharap kerjasama dengan Kemenag melakukan MoU, dan ini berlaku juga bagi warga di luar Kota Langsa yang ingin pranikah dalam rangka pembinaan yang nantinya dikeluarkan sertifikat.

Sinergitas kedua, manasik haji, ada beberapa hektar tanah di IAIN Zawiyah Cot Kala yang memungkinkan untuk dibuat sebagai tempat manasik haji.

Juga asrama haji kecil dan termasuk untuk pelatihan Kemenag. Berkaitan dengan tanah Langsa Kota dan Langsa Barat, ada aset Pemko Langsa yang bisa dihibahkan untuk pembangunan KUA dimaksud.ujarnya.

Kakanmenag Kota Langsa, Drs H Hasanuddin MA menyatakan, dengan Peresmian lab bahasa ini sudah menjadi branding Madrasah hebat dan bermartabat.

Hal lain menurut Hasanuddin, Peresmian ini juga sejalan dengan visi dan misi Pemko Langsa yakni kota tujuan wisata. Oleh karenanya dibutuhkan bahasa untuk memperkenalkan Kota Langsa bagi wisatawan luar negeri.

“Kami yakin, tidak perlu lagi magang keluar daerah, cukup di Kota Langsa dengan harapan dengan hadirnya Lab ini bisa memasyarakatkan bahasa Arab dan Inggris.

Semoga ini menjadi bahasa keseharian dalam pengembangan bahasa menuju Madrasah hebat dan bermartabat,” ucapnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua MPU Kota Langsa, Tgk Salahuddin, Kepala MPD Kota Langsa, Kepala Kantor Urusan Agama Kec Langsa Baro, Ustadz Irham Zakaria,S.Sos.I, Kepala MTsN I Langsa, Hj Cut Nurlisma SPd, serta jajaran Kemenag Aceh dan Kota Langsa.

Pewarta: Wiwin Hendra

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *