Musrenbang Tahun 2022 Kecamatan Sekerak

  • Whatsapp

Sekerak, SAB: Selasa, (16/2/21) tepat pukul 10.15 Wib bertempat di Aula Kantor Camat Sekerak, Wakil Bupati Aceh Tamiang T.Insyafuddin,ST menghadiri sekaligus membuka Rapat Musrenbang RKPD Tahun 2022 di Kecamatan Sekerak.

Dalam arahannya, Wabup berharap, kegiatan pada hari ini dapat memberikan dampak yang positif walaupun di tengah keterbatasan yang ada. Ia juga sampaikan, meski terbatas, namun hal itu
tidak menyurutkan upaya kita untuk memaksimalkan kegiatan khususnya di bidang -bidang tertentu,

Sesuai dengan kearifan lokal dan kondisi saat ini perihal usulan program yang menjadi skala prioritas dimasing-masing Kampung.

Dijelaskannya bahwa, banyak program yang dibuat selama ini, bersifat fisik yakni pembangunan sarana, prasarana dan infrastruktur baik pembangunan jalan, jembatan dan lain-lain.

Terkait hal ini, Wabup menambahkan bahwa baik pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur sudah menjadi keharusan bagi Pemerintah untuk membangunnya, namun sambungnya jarang sekali program yang dibuat atau dihasilkan terkait dibidang pertanian, perkebunan dan pengembangan potensi wisata berhasil.

Wabup mencontohkan dibidang pertanian yakni, program pengadaan jenis bibit durian dan juga pengembangan objek wisata.

Wabup meminta agar diminati dan dikunjungi orang ramai, dibuatkanlah ikon tersebut seapik mungkin dan diatur melalui manajemen yang baik, yang kesemuanya itu bermuara pada peningkatan penghasilan masyarakat sehingga kampung tersebut menjadi Kampung yang mandiri dan juga sebagai upaya untuk meminimalisir tingkat pengangguran yang ada di daerah masing-masing.

Dikesempatan yang sama Wabup menjelaskan bahwa akses penghubung antara Kampung Pematang Durian dengan Kecamatan Bandar Pusaka yang pada waktu itu sempat tertunda atau belum dimasukkan dalam anggaran, agar pihak Kecamatan dapat memasukkannya dalam usulan Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2022.

Selaku Pimpinan Daerah Wabup berharap pada Musrenbang kali ini, agar terlahir program-program yang kreatif dan inovatif yang dapat dikembangkan dan menjadi andalan bagi masyarakat guna peningkatan penghasilan bagi masyarakat di Daerahnya masing-masing, yang selaras dan tertuang dalam visi misi Bupati Aceh Tamiang yakni Aceh Tamiang yang berdaya saing menuju masyarakat Islami yang sejahtera.

Selanjutnya laporan dari Camat Sekerak M. Ilham Malik, S.STP Menyampaikan bahwa, usulan program yang menjadi skala prioritas di masing-masing Kampung sudah tertuang dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2022.

Dijelaskannya, Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2022, menjadi acuan sebagai dasar bagi OPD terkait dalam penyusunan Renja di tahun berikutnya.

Dikesempatan yang sama Ilham turut menyampaikan pihaknya telah membuat rapat Pra Musrenbang, terkait hal ini, masyarakat sangat antusias, yang ditandai dengan telah rampungnya program yang akan diusulkan oleh masyarakat di masing-masing Kampung pada Musrenbang kali ini. Namun sambung Ilham tidak terlepas dari ketersediaannya anggaran yang memadai.

Diakhir laporan Ilham katakan bahwa sejauh ini, pembangunan ada namun masih jauh dari harapan. Ilham berharap kepada Wabup dan OPD terkait agar usulan program terkait jembatan dan jalan penghubung antara Kampung Pematang Durian dengan Kecamatan Bandar Pusaka dapat segera terelisasi dan dianggarkan di tahun berikutnya.

Selanjutnya pemaparan oleh Kabid Penelitian dan Pengembangan M.Ridhla, SE dalam paparannya menyampaikan bahwa paparan ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada kita bersama terkait Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, bahwa usulan program yang dibuat harus selaras dengan visi dan misi tersebut.

Dijelaskannya bahwa usulan program yang tertuang dalam Musrenbang RKPD ini, bersifat transparan dan berbasis IT, yang terintegrasi dan terinput dalam SIPD,ditambahkannya bahwa, sistem penginputannya tidak lagi bersifat manual dan dapat diakses langsung.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesion pemaparan usulan program yang disusun pada masing-masing Kampung dan tanyajawab perihal usulan program tersebut.

Acara ini dihadiri oleh Para OPD terkait, Camat beserta segenap unsur Forkopimcam Sekerak, Para Kepala Mukim, Datok Penghulu dan Ketua MDSK serta Perangkat Kampung di Kecamatan Sekerak, Para Pendamping Desa, Para LSM, Ormas dan Insan Pers.

Pewarta: Wiwin Hendra

Sumber: Humas Sekdakab Atam

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *