Terkait Lingkungan, Pemerintah Harus Memberi Contoh Positif pada Masyarakat

  • Whatsapp
Teuku Muhammad Zulfikar, Mahasiswa Program Doktor, Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala dan aktivis lingkungan. foto.

Terkait Masalah Lingkungan, Pemerintah Harus Memberi Contoh Perilaku Positif Kepada Masyarakat

Oleh: Teuku Muhammad Zulfikar (Mahasiswa Program Doktor, Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala)

⊕⊗ Masih kurangnya rasa kepedulian masyarakat terhadap berbagai persoalan lingkungan hidup bukanlah kabar yang mengejutkan. Dalam realitas sosial, masyarakat kita memang masih banyak yang tidak begitu peduli dengan lingkungan tempatnya hidup. Banyak perilaku dan aktivitas masyarakat yang tidak hanya menunjukkan ketidakpedulian mereka terhadap lingkungan, bahkan justru perilaku mereka merusak lingkungan.

Untuk membangun perilaku masyarakat yang peduli lingkungan dibutuhkan kebijakan yang jelas dari pemerintah dengan melibatkan semua pihak dan dilakukan secara berkelanjutan secara konsisten. Pemerintah harus memberikan contoh dan menyebarluaskan perilaku yang positif dari berbagai kelompok masyarakat (best practice).

Lingkungan hidup merupakan faktor yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Karena itu, menjaga dan mengelola lingkungan hidup dengan baik merupakan sebuah keharusan. Jika lingkungan hidup terus diabaikan dan dirusak, manusia bukan hanya akan mendapat kerugian, tapi juga akan binasa.

Melindungi dan mengelola lingkungan hidup membutuhkan partisipasi dari semua pihak. Masyarakat merupakan elemen paling penting dalam? proses tersebut. Sayangnya, perilaku masyarakat kita secara umum masih jauh dari kepedulian terhadap lingkungan.

Pemerintah seharusnya memainkan peran yang lebih besar untuk menciptakan perilaku masyarakat yang peduli lingkungan. Meskipun selama ini sudah begitu banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk menciptakan kondisi tersebut, namun sayangnya upaya tersebut tidak dibarengi dengan contoh-contoh yang baik yang dapat ditiru oleh masyarakat.

Secara umum kalau kita melihat langsung dilapangan, memang kepedulian masyarakat terhadap lingkungan masih tergolong rendah. Lihat saja di wilayah perkotaan misalnya, sampah-sampah di berbagai lokasi masih belum terurus, begitu juga dengan kondisi saluran air atau drainase yang sering mampet. Itu baru beberapa hal saja, kita bisa lihat juga di berbagai lokasi lain baik di kota maupun di desa.

Masalah lainnya kita juga belum aman dengan berbagai bencana alam dan bencana ekologis yang justru akibat rusaknya lingkungan oleh perilaku masyarakatnya.

Pemerintah boleh saja mengatakan bahwa selama ini begitu banyak program-program dan kegiatan, serta sosialisasi yang diselenggarakan untuk membekali masyarakat tentang isu-isu lingkungan. Namun nyatanya kita melihat banyak usaha yang telah ada, tetapi hasilnya masih belum memuaskan. Namun, di sisi lain kita tidak perlu terkejut apabila melihat perilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, bukanlah hal yang aneh jika hal ini masih terus terjadi.

Banyak pihak baik perorangan maupun kelompok yang tidak peduli dan berlaku seenaknya kepada lingkungan.

Masih rendahnya rasa peduli lingkungan masyarakat tentunya didorong oleh banyak indikator. Secara umum adalah persoalan tentang lingkungan yang menyangkut energi, sampah, dan lain-lainnya, yang menjadi faktor terjadinya polusi atau kerusakan lingkungan. Adanya persolan krusial karena manusia menganggap apabila lingkungan merupakan bagian yang terpisah dari diri dan kehiduupannya. Hal tersebut membuat manusia cenderung tidak peduli dengan apa yang terjadi pada lingkungan, dan membebani lingkungan dengan perilaku masyarakat. Misalnya, banyak masyarakat yang menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Sungai memang pada akhirnya akan mengalir ke laut, tetapi banyak masyarakat yang belum sadar akan proses perjalanan dari sungai hingga ke laut. Hal tersebut dapat berdampak sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan lingkungan yang kotor dan tersumbatnya aliran air hingga terjadi banjir.

Masalah lainnya yang menimbulkan permasalahan lingkungan saat ini adalah masih dianggap remehnya isu-isu lingkungan yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih dari berbagai pihak. Sulit bagi kita menyebutkan pihak-pihak tertentu untuk disalahkan. Mungkin masyarakat kurang mendapatkan pengetahuan tentang bahaya yang akan terjadi bila terjadi kerusakan lingkungan secara terus menerus sehingga rasa pedulinya cenderung tidak maksimal.

Ke depan, pemerintah perlu membuat program-program baru untuk menghidupi kesadaran masyarakat tentang pentingnya rasa peduli terhadap lingkungan. Program-program tersebut bisa yang terikat ataupun tidak terikat pada peraturan. Kita melihat, salah satu alasan kekacauan yang terjadi di negara ini adalah karena hukum tidak benar-benar memberi peraturan yang mengikat.

Selain itu, pemerintah melakukan upaya-upaya yang jauh lebih luas untuk meningkatkan kepedulian masyarakat, seperti misalnya melibatkan masyarakat-masyarakat lokal yang berperan penting di tengah perkumpulannya untuk memperjuangkan lingkungan.

Untuk memperbaiki lingkungan dan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan memang membutuhkan waktu yang panjang. Tak hanya itu, dibutuhkan pula program strategis. Sistem yang ada harus diperbaiki, agar dapat memberikan contoh kepada masyarakat tentang apa yang harus dilakukan. Untuk menjalankan hal ini pemerintah memang harus bekerja keras.

Persoalan lingkungan merupakan persoalan multi aspek. Banyak pihak-pihak yang harus terlibat untuk menjalankan upaya-upaya yang telah disiapkan. Jelas dibutuhkan aspek hukum yang dapat mengatur dan mengikat semua pihak agar program-program perbaikan lingkungan dapat berjalan dengan baik. Semua stakeholder tetap dilibatkan agar dapat membantu jalannya upaya-upaya yang disediakan pemerintah. Untuk edukasi sendiri, apabila semua pihak telah bekerja sama dengan baik dan sesuai dengan perannya masing-masing, maka edukasi atau pendidikan yang diberikan tentang lingkungan dapat berguna dan memengaruhi perilaku masyarakat. (*)

Editor: Deni Irawan

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *