Pemerintah Nyatakan FPI Organisasi Terlarang

  • Whatsapp
Menkopolhukam Machfud MD umumkan tentang pelarangan FPI, Rabu, 30/12.

Jakarta, SAB: Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama 6 Pejabat Setingkat Menteri yaitu : Mendagri, Menkumham, Menkominfo, Jaksa Agung, Kapolri dan Kepala BNPT menyatakan per hari ini 30 Desember 2020 FPI dilarang melakukan kegiatan, menggunakan simbol dan atribut organisasi FPI. Dalam keputusan tersebut pemerintah juga akan menghentikan semua kegiatan FPI.

Pengumuman keputusan tersebut dilakukan oleh Menko Polhukam Machfud MD di Kantor Kementrian tersebut. Dalam pernyataannya Menkopolhukam menyatakan bahwa sejak 21 Juni 2019 secara formal FPI telah bubar.

Namun dalam prakteknya FPI terus saja melakukan kegiatan dan dalam aktivitasnya melakukan pelanggaran ketertiban dan keamanan, melakukan kegiatan bertentangan dengan hukum seperti kekerasan, sweeping dan provokasi.

Pertimbangan yang melandasi keputusan FPI sebagai organisasi yang dilarang adalah untuk menjaga ideologi dan konsensus dasar bernegara yaitu  Pancasila, UUD 1945, Keutuhan Negara dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Machfud MD untuk itu di atas maka maka pemerintah mengeluarkan SKB tentang larangan melakukan kegiatan, menggunakan simbol dan atribut organisasi FPI serta pemerintah juga akan menghentikan semua kegiatan FPI.

“FPI tidak lagi mempunyai legal standing (landasan hukum: red), baik sebagai ormas maupun organisasi,” kata Machfud MD.

Dalam pengumuman ini dihadiri oleh 12 Pejabat Pemerintah yaitu Menkopolhukam, Mendagri, Kepala BIN, Menkumham, Menkominfo, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Kepala Staf Kepresidenan, Kepala BNPT, Kepala PPATK dan Wamenkumham (*).

 

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250