Pemerhati Lingkungan: “Penanganan Banjir di Aceh Harus Komprehensif”

  • Whatsapp
Ir. TM Zulfikar, MP. Pemerhati Lingkungan, Wakil Ketua Forum PRB Aceh, Koordinator Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) Aceh.

Banda Aceh, SAB:  Pemerhati Lingkungan Aceh TM. Zulfikar menyebutkan penanganan banjir oleh pemerintah daerah dalam hal ini Pemerintah Aceh harus menyeluruh (komprehensif)  tidak bisa parsial seperti sekarang ini.

TM. Zulfikar yang juga Wakil Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Aceh tersebut melanjutkan bahwa penanganan harus dilakukan mulai dari hulu karena disana sumbernya baru kemudian ke hilir. Pemerintah harus faham betul  apa yang  sedang terjadi di setiap spot banjir.

Katanya lagi, di hulu sungai sudah terjadi berbagai kerusakan, di sini harus diketahui apakah disebabkan oleh illegal logging, perambahan, penambangan liar, ataupun alih fungsi hutan.

“Apakah selama ini sudah ada penanganan serius? Belum lagi terbentuknya kawah-kawah sehingga ketika hujan deras akan terbawa arus dan mengalir ke wilayah tengah dan hilir, berupa banjir bandang, “ tuturnya.

Banjir besar membawa berbagai material berupa batang pohon hasil ilegal logging atau bahkan bebatuan akibat tambang ilegal. Kemudian, sedimentasi dialiran sungai juga begitu luas, sehingga tidak mampu menahan debit air yang mengalir akibat hujan deras yang turun secara bersamaan.

Banjir di Aceh, Minggu, 6/12.

“Selain itu juga harus dilakukan penanganan dan penertiban terhadap pengambilan material non logam dan batuan seperti galian C, batu gajah dan tanah juga tidak dilakukan secara baik oleh aparatur yang berwenang dan berkewajiban untuk itu.

“Begitu pula penegakan hukumnya juga tidak dijalankan sesuai dengan harapan. Oleh karena itu perlu disusun master plan pengelolaan banjir secara terpadu di Aceh, yang seharusnya akan mampu meminimalisir kejadian dan dampak akibat banjir ke depan,” seru TM. Zulfikar mengakhiri pembicaraan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *