Cerita Kasad Tembus Banjir demi Selamatkan Pasien di Aceh Timur

  • Whatsapp
Mobil Ambulans UPT Puskesmas Lokop yang membawa pasien darurat terjebak banjir di kawasan Alur Canang Peunaron Aceh Timur, Minggu (6/12).

Idi, SAB: Banjir besar di Aceh Timur memunculkan banyak kisah. Salah satunya kisah perjuangan Kasad (37)  seorang supir ambulans yang harus bersusah payah menembus banjir besar agar pasien yang dibawanya dapat sampai ke rumah sakit yang dituju.

Hari Minggu 6 Desember 2020, Kasad yang berprofesi sebagai sopir ambulans Unit Pelayanan Terpadu Puskesmas Lokop ditugaskan membawa seorang wanita warga Desa Nalon Serbajadi yang sedang dalam keadaan darurat proses persalinan. Dan harus dirujuk ke rumah sakit di Idi Rayeuk Ibukota Kabupaten Aceh Timur berjarak  83 km dari Lokop.

Jalan dari Lokop menuju Idi Rayeuk hampir dua pertiganya  dalam kondisi rusak parah. Apalagi dalam situasi musim hujan jalan yang penuh lubang menjadi kubangan. Jalan yang rusak mulai dari Lokop hingga Gampong Beusa di Kecamatan Peureulak.

Rintangan terberat yang dihadapi Kasad yang kadang dipanggil Jek ini adalah banjir di berbagai penjuru yang terjadi di daerah Alur Canang Peunaron. Banjir menggenangi jalan  hingga ketinggian 1,5 meter yang menutupi jalan sepanjang 400 meter. Dengan kondisi seperti ini mobil harus didorong dalam keadaan mesin dimatikan agar air tidak tersedot ke dalam mesin lewat knalpot.

Untuk mendorong mobil ambulans yang berbodi besar tersebut dibutuhkan tenaga laki-laki sebanyak 10 orang  dengan ongkos 300 ribu rupiah. Alhamdulillah mobil dapat melewati rintangan dan berhasil melanjutkan perjalanan.

Kasad berharap pemerintah Provinsi Aceh dapat lebih memperhatikan prasarana jalan dan lingkungan hidup di daerah pedalaman khususnya Lokop, Peunaron, Ranto Peureulak dan sekitarnya.

Demikian sekelumit kisah penyintas banjir untuk diketahui dan direnungkan semua pihak.

Pewarta: Wiwin Hendra

Sumber: Saprijal

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *