Pemkab Tamiang Gelar Urun Rembuk Ketenagakerjaan

  • Whatsapp

Kualasimpang, SAB: Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi, memfasilitasi kegiatan FGD Urun Rembuk Ketenagakerjaan Aceh Tahun 2021 yang diinisiasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh bertempat di Aula Setdakab, pada Selasa (02/12).

Dalam sambutannya mewakili Bupati Mursil, Kepala Disnakertrans Ir. Muhammad Zein terlebih dahulu mengucapkan salam penghormatan kepada Tim Disnakermobduk dan rombongan karena telah menginisiasi acara ini di Kabupaten Aceh Tamaing. Selanjutnya Zein dalam uraian singkatnya, menyampaikan beberapa identifikasi persoalan yang terjadi di Aceh Tamiang dalam hubungan industrial ketenagakerjaan. Adapun Point pertama yaitu, pada recruitment tenaga kerjanya pada pemenuhan hak dan kewajiban, kurangnya dialog sosial tenaga keindustrian, rendahnya penerapan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja), adanya penggunaan tenaga kerja anak, pemberian upah yang masih dibawah UMP dan UMK dan terakhir masalah pengawasan dari Pemerintah yang belum maksimal.

Atas uraian yang disampaikan tersebut, Zein berharap dari pertemuan ini didapatkan satu formulasi yang bisa melahirkan suatu keputusan untuk menanggapi persoalan-persoalan tersebut.

“Paling tidak kegiatan hubungan industrial mampu mengarah kepada perbaikan-perbaikan bagi kedua belah pihak”, ungkap Zein penuh harap.

Acara dilanjutkan pemaparan materi oleh Kabid PKPTL Aswar R. Paya, S. Hut, MAP tentang SDM Unggul, Tenaga Kerja Kompeten dan Aceh Sejahtera. Dalam materi tersebut Ia mengurai Harapan dan Tindak Lanjut yang akan dilakukan untuk mewujudkan cita-cita sepeti judul materi yang disampaikan.

“Saya berharap Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota bisa menjalin sinergitas dalam perencanaan dan identifikasi kebutuhan tenaga kerja di industri, bisa menjalin kerjasama Program Pelatihan Berbasis Pemagangan secara efektig dan berdayaguna di dunia usaha dan mampu menjalin kerjasama dengan DU-(perusahaan) yang beroperasional di Aceh terhadap pemanfaatan dan penempatan Calon Tenaga Kerja yang terlatih dan tersertifikasi”, sebutnya.

Selanjutnya Aswar juga sampaikan tentang kebijakan dan tantangan ketenagakerjaan yang akan dihadapi pada masa yang akan datang. Dijelaskannya bahwa yang harus kita tingkatkan untuk menghadapi tantangan tersebut kedepannya ialah kompetensi, karena tidak bisa dipungkiri kita harus ikut dan beradaptasi dengan revolusi industri 4,0.

Usai pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta. Dan diakhiri dengan penyerahan plakat dari kedua belah pihak yaitu Disnakertrans Kabupaten Aceh Tamiang dan Disnakermobduk Aceh.

Hadir dalam kegiatan ini Kadis DPMPTSP dan Disnakertrans 3 wilayah (Aceh Tamiang, Langsa dan Aceh Timur, Perwakilan dari Kepada Bappeda 3 wilayah, Kepala UPTD BLK, Pegawai Pengawas Tenaga Kerja dan para Perwakilan dari Perusahaan 3 wilayah.

Pewarta: Wiwin Hendra

Sumber: Humas Tamiang

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *