Bupati Tamiang Luncurkan Rumah Gizi Gampong (RGG) yang ke 23

  • Whatsapp

Karang Baru, SAB:  Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn meluncurkan Rumah Gizi Gampong (RGG) di Kampung Paya Kulbi Kecamatan Karang Baru sebagai upaya pencegahan dan penanganan stunting. Acara tersebut berlangsung di halaman rumah Datok Penghulu Kampung tersebut pada Kamis (03/12).

Bupati Mursil dalam arahan dan sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Camat Karang Baru dan Datok Penghulu Kampung Paya Kulbi serta unsur-unsur yang terlibat dalam membentuk RGG. Ia katakan, bahwa keberadaan RGG memang sangat penting, karena berhubungan dengan pembangunan generasi muda dengan asupan gizi yang baik.

“Jangan lagi kedepannya ada anak-anak yang menderita stunting karena kekurangan gizi. Asupan gizi yang baik untuk keluarga kita bisa dicukupi dari tanaman-tanaman yang ada disekitar kita dengan pengolahan yang baik, jadi tidak harus dengan bahan makanan yang mahal”, ujar Mursil.

Dalam pada itu juga, Bupati Mursil menyarankan kepada Dinas Kesehatan melalui Puskesmasnya agar dapat menjalin kerjasama yang baik kepada Pemerintahan Kampung dalam menjalankan Program RGG ini. Jika sudah terjalin dengan baik, sambungnya diprediksikan di setiap kampung yang telah memiliki RGG akan lahir Balita yang sehat, tumbuh dan berkembang secara baik dan normal. Kepada Camat disampaikan agar terus mendukung dan membina kampung dalam mengatasi stunting.

Diakhir arahannya, tidak lupa Ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu takut atas wacana dan rencana pemberian vaksin pencegahan Covid-19 yang dianjurkan oleh Pemerintah Pusat. Mursil secara persuasif meyakini mereka, bahwa vaksin yang akan diberikan sudah melewati uji klinis dan tidak berbahaya.

Masuk ke acara puncak yaitu, Peluncuran RGG yang ditandai dengan pembukaan tirai dan pelepasan merpati oleh Bupati Mursil. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian souvenir untuk ibu hamil dan balita penderita stunting yang ada di Kampung Paya Kulbi oleh Bupati Mursil.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Irianto mengatakan peluncuran RGG yang dilaksanakan hari ini merupakan peluncuran yang ke 23 (dua puluh tiga) di Aceh Tamiang, dan sudah ada 26 (dua puluh enam) Kampung yang menerapkannya dari 213 (dua ratus tiga belas) Kampung yang ada di Aceh Tamiang. Ia mengharapkan, kedepannya semua Kampung di Aceh Tamiang bisa memiliki RGG. Dimana RGG bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masayrakat terutama gizi anak dan ibu hamil.

“Karena kekurangan gizi bisa menyebabkan stunting pada anak. Maka dari itu, pada RGG nantinya akan diberikan pengetahuan bagi masyarakat terkait ketahanan pangan dan bagaimana pengelolaan makanan sehingga anak-anak dan ibu hamil bisa mendapat kecukupan gizi”, terang Irianto.

Sementara itu, Datok Penghulu Kampung Paya Kulbi sebagai Panitia dalam kegiatan ini mengatakan bahwa berdirinya RGG di Kampungnya diharapkan mampu mendukung kesehatan masyarakat Paya Kulbi.

Salah satu tokoh masyarakat mewakili masyarakat kampung menyampaikan bahwa mereka sangat menyambut baik program ini. Ia beritahukan, bahwa di Kampung Paya Kulbi sendiri total balita yang ada sebanyak 88 (delapan puluh delapan) orang dengan angka stunting 4 (empat) orang dari keluarga yang tidak mampu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas DPMKPP dan KB, Forkopimcam Karang Baru, Para datok Penghulu dan Bidan Desa serta Masyarakat.

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250