Gampong Pasar Lama Labuhan Haji Ditunjuk sebagai Desa Tangguh Bencana

  • Whatsapp
Foto bersama usai acara Pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana dan Relawan Gampong Tangguh Bencana di Gampong Pasar Lama Labuhan Haji, Kamis 19/11.

Labuhan Haji, SAB: Penunjukan Gampong Pasar Lama sebagai Desa Tangguh Bencana Desa Tangguh Bencana adalah salah satu program BNPB Pusat untuk Regional Sumatera Tahun 2020.

Di Aceh Selatan sendiri yang terdiri dari 260 desa hanya 10 desa yang di tunjuk untuk pelaksanaan Ekspedisi DESTANA salah satunya desa Pasar Lama kecamatan Labuhan Haji.

Kegiatan ini berjalan di awali dengan penunjukan Fasilitator Daerah yang ditugaskan ke masing-masing desa DESTANA.

Fasilitator Daerah yang bertugas di Desa Pasar Lama Kecamatan Labuhanhaji, Fauzi Arja mengatakan, program DESTANA ini bertujuan untuk mewujudkan Desa Tangguh Bencana dimana desa ber-kewajiban untuk mempersiapkan system dan program-program kebencanaan untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana sehingga melahirkan desa dan masyarakat yang tanggap bencana.

Melalui DESTANA  Fasilitator Daerah yang bertugas, melakukan penilaian desa sesuai dengan indicator dan kuisioner yang telah di tetapkan oleh BNPB Pusat sebagai dasar penilaian desa dalam hal kebencanaan.

Kegiatan di desa Pasar Lama dilakukan sesuai dengan Rencana Kerja yang telah disusun bersama dan disesuaikan dengan jadwal yang telah di tetapkan oleh BNPB Pusat. dalam kegiatan ini juga Juga telah dibentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana dan Relawan desa sebagai lini depan dalam menghadapi ancaman bencana dan telah di kukuhkan oleh pemerintahan Desa Pasar Lama.

Forum PRB dan Relawan desa yang sudah terbentuk juga telah melakukan pemasangan papan Informasi Rawan Bencana Tsunami sebagai program dan kegiatan perdana FPRB dan relawan desa di Desa Pasar Lama ini.

“Alhamdulillah dengan selesainya pemasangan Palang Informasi bencana ini, maka semua kegiatan DESTANA di desa Pasar Lama telah selesai di lakukan pada Hari Rabu Tanggal 18 November 2020. Tinggal menunggu jadwal seminar Hasil di Kabupaten yang diadakan oleh Admin Kabupaten”, papar Fauzi Arja.

Ahmad Jais Geuchik Pasar Lama Labuhanhaji mengatakan sangat senang dengan hadirnya program DESTANA (Desa Tangguh Bencana) yang di inisiasi oleh BNPB Pusat. Alhamdulillah desa Pasar Lama yang menjadi Pusat Program DESTANA yang terpilih dari 260 desa di Aceh selatan juga mengingat letak desa Pasar Lama sebagian wilayah desanya berbatasan langsung dengan laut bebas dan sangat rawan bencana.

“Kami sebagai pemerintahan desa sangat antusias dalam mempersiapkan dan memfasilitasi kegiatan DESTANA di Desa kami Pasar Lama ini bersama Fauzi Arja sebagai Fasilitator Daerah yang di tugaskan BNPB Pusat. Kami juga sangat mengapresiasi keberadaan fasilitator daerah”, kata Ahmad Jais.

Geuchik Gampong Pasar Lama berharap program DESTANA ini bisa menjadi program rutinitas didesa kami Pasar Lama guna untuk memperkuat sistem evakuasi, menguatkan relawan FPRB DESA dan menciptakan program-program kebencanaan yang lebih baik.

Masyarakat Pasar Lama memiliki keinginan kuat dengan selesainya kegiatan DESTANA ini, menjadikan desa kami sebagai desa percontohan bagi desa lain dalam Hal Desa Tangguh Bencana.

“Terimakasih kami ucapkan kepada BNPB PUSAT yang sebesar-besarnya yang sudah menjadikan desa Pasar Lama sebagai Program DESTANA dan terimakasih juga kepada BPBA Aceh dan BPBD Aceh Selatan yang sudah menjadi mitra di desa Pasar Lama”, tutup Ahmad Jais

Pewarta: Imam Nugroho

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *