Haji Muzakkir: “Perayaan Maulid Itu Wujud Cinta Umat pada Rasulullah”

  • Whatsapp
H. Muzakkir, SE.MM Ketua Panitia Maulid Nabi 1442 H sedang menyantuni anak yatim (total 62 orang) di Mesjid Syukur Gampong Birem Puntong Langsa, Kamis (29/10).

Langsa, SAB: Tanggal 12 Rabiul Awal 1442 H sesuatu momen yang tepat untuk umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia dan  khususnya Propinsi Aceh yang bersyariat Islam.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini jatuh pada Kamis (29/10). Maulid Nabi diperingati setiap 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Maulid Nabi menjadi perayaan yang berkembang di masyarakat setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Mengenai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dapat diartikan bahwa : “Maulid artinya kelahiran, sementara Maulud itu artinya orang yang dilahirkan,” jelas H. Muzakkir, SE.MM saat wartawan berkesempatan mewancarainya di Mesjid Syukur di sela kegiatan beliau sebagai Ketua Panitia Maulid Nabi SAW 1442 H di Gampong Birem Puntong Kecamatan Langsa Baro.

Menurutnya, istilah keduanya sama benarnya, intinya kita memperingati sosok kelahiran seorang yang penting bagi kita, terutama sebagai seorang muslim. Memperingati maulid semata-mata untuk mengenang warisan atau peranan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya, dan ini sudah menjadi Kebudayaan Masyarakat Aceh. Kebiasaan ini setiap tahun dirayakan oleh seluruh masyarakat Aceh karena begitu cintanya kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

H. Muzakkir mengatakan, momen seperti ini sangat baik dan tepat untuk kita saling bersilaturahim kepada saudara saudara kita seiman di dalam satu tempat yaitu di mesjid. Ketika Maulid, selain mewarisi apa yang nabi tinggalkan kepada kita yakni Al-Quran dan Hadist serta sunnah dan akhlak juga menjadi hal yang utama.

“Nabi pernah menyampaikan: “Aku tidak lain diutus untuk menyempurnakan akhlak,” terang H.Muzakkir,SE.MM.

Muhammad Syafii, S.Pd.I Geuchik Birem Puntong Langsa Baro. Foto.

Sementara itu Geuchik Birem Puntong Muhammad Syafi’i, S.Pd mengatakan bahwa dalam peringatan maulid Nabi tahun ini masyarakat Gampong Birem Puntong bergotong-royong memberikan sumbangan berupa Nasi Kotak untuk disantap bersama di Acara Maulid Nabi SAW 12 Rabiul Awal 1441 H. Dalam kesempatan ini juga menyantuni sebanyak 62 anak yatim.

“Hal ini sudah menjadi kebiasaan  kami melakukan kegiatan-kegiatan sosial kepada masyarakat di tempat kami yaitu menyantuni anak yatim sebanyak 62 orang   serta makan bersama di hari maulid ini bersama seluruh masyarakat Gampong yang ada di Kota Langsa”, kata Muhammad Syafi’i, S.Pd.

Pewarta: Wiwin Hendra

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *