Jaga Kualitas Beras, Babinsa-Serda Arif Nurdani Pantau Proses Panen Hingga ke Penyimpanan Gabah

  • Whatsapp
Serda Arif Nurdani-Babinsa 03/Seuruway bersama petani Desa Gedung Biara, Rabu (28/10)

Aceh Tamiang- Dengan menjaga kualitas padi dalam proses pengolahan menjadi beras, Babinsa Serda Arif Nurdani Koramil 03/Seruwey Kodim 0117/Aceh Tamiang melaksanakan kegiatan penjemuran padi milik petani  M. Irfan dengan melalui proses pemanenan, perontokan, pengeringan, penggilingan dan penyimpanan gabah saat di panen.
di Desa. Perk. Gedung Biara, Kecamatan. Seruway, Kabupaten. Aceh Tamiang,  Rabu (28/10).

Pada tingkat kadar air sekitar 22% sampai 25% basis basah, gabah dengan kadar air demikian tidak dapat langsung digiling karena kulitnya masih cukup basah sehingga sukar pecah dan terkupas. Gabah perlu dikeringkan hingga kadar airnya berkisar 14% basis basah.

“Jika gabah tidak segera di keringkan akan terjadi kerusakan pada butir beras yang akan di hasilkan ditandai dengan warna beras yang tidak bagus bisa putih Gabah dengan kadar 15% tidak mempunyai ketahanan simpan”, ungkap Serda Arif Nurdani.

Saudara M. Irfan juga mengatakan: “Salah satu permasalahan klasik yang di hadapi petani dalam menjual padi hasil panen miliknya, adalah karena faktor kadar air.

Untuk menyelesaikan masalah itu di butuhkan area penjemuran yang baik untuk meningkatkan dengan menjaga kualitas padi”, tuturnya.

Pewarta; Wiwin Hendra

Sumber: [pendim0117atam]

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *