Percepat Proses Panen, Serda TNI Devi Putra Bantu Petani

  • Whatsapp

Langsa, SAB: Babinsa Koramil 23/Langsa Timur Kodim 0104/Aceh Timur Serda Devi Putra membantu petani panen padi dengan luas lahan 14 rante, di Desa Alur Merbau, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, Jum’at (09-10-2020).

Kegiatan ini merupakan bentuk pendampingan pertanian yang dilaksanakan para Babinsa, yang merupakan salah satu langkah menyukseskan swasembada pangan pada masa pandemi Covid-19 di Kota Langsa.

Danramil 23/Lgst Lettu Inf Andry Haryono mengatakan, pada panen padi di areal pertanian ini, kita gunakan mesin modern berupa alat pemanen padi Kombine (wheat harvest). “Kalau semua poktan pada saat panen menggunakan mesin seperti ini, bisa lebih cepat dan efisien. Dari 14 Rante lahan tanaman padi, hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja, dan tenaga yang terbatas, ”ujarnya.

“Selain membantu tanam dan panen padi, kami juga melakukan penyuluhan pertanian bersama-sama dengan PPL dan Mantri pertanianan  kepada para kelompok tani (Poktan) di desa yang menjadi binaan para Babinsa, ”tambahnya.

Sebagai Babinsa kegiatan ini merupakan bentuk loyalitas sesuai perintah komando atas untuk terjun langsung ke sawah guna ikut mendampingi petani agar percepatan tanam segera terwujud, “katanya.

Lanjut Danramil, disamping tugas pokok sebagai Babinsa dalam membina desa, Babinsa juga melalui komando kewilayahan diberi tanggung jawab pendampingan pertanian untuk memberikan motivasi agar para petani segera meningkatkan produksinya.

Menurutnya, negara kita agraria maka kita harus bisa tunjukan bahwa Indonsia bisa menghasilkan beras dan tidak mengimpor beras dari luar negara lain. Indonesia harus maju dan berkembang menuntaskan kemiskinan sesuai program pemerintah, ”pungkasnya.

Pewarta: Wiwin Hendra

Sumber: Pendim 0104/Atim

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 300x250